DESAIN MEDIA KOMICA BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR


Wimbo Sirating Sito Resmi, 0103520027 (2022) DESAIN MEDIA KOMICA BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Memasuki abad ke-21 dan akibat terdampaknya wabah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran terhambat maka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan peserta didik memiliki kemampuan dalam memahami informasi dengan memanfaatkan pembelajaran berbasis digital membuat peserta didik menjadi lebih terbiasa dengan berbagai macam perkembangan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain media komik berbasis digital menarik dan efektif digunakan untuk meningkatkan literasi membaca pemahaman dan hasil belajar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan metode 5 langkah yaitu menganalisis permasalahan yang ada dilapangan, mendesain dan merancang produk, mengembangkan produk yang telah didesain, produk diimplementasikan pada peserta didik dan mengevaluasi hasil, uji coba yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik berbasis digital yang telah didesain sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik sekolah dinilai valid oleh ahli validator yaitu validator media pembelajaran dengan nilai 62 kategori sangat valid, validator materi dan bahasa dengan nilai 45 kategori sangat valid, media komik berbasis digital juga dinilai sangat menarik oleh peserta didik dan guru di SD IT Bina Amal Semarang, hasil pengukuran kemenarikan media komica berbasis digital oleh peserta didik yaitu 1535 skor maksimal 1680 sehingga masuk kategori sangat menarik, sedangkan kemenarikan guru kelas III mendapatkan skor 38 dari skor maksimal 40 berarti masuk kategori sangat menarik, media komica berbasis digital dinilai efektif untuk peningkatan kemamapuan literasi membaca pemahaman dan hasil belajar peserta didik kelas III di SD IT Bina Amal Semarang. Hasil nilai N-gain yaitu 0,620 pada literasi membaca pemahaman dan 0,623 pada hasik belajar sehingga masuk dalam kategori sedang artinya media komica berbasis digital cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca pemahaman dan hasil belajar peserta didik kelas III. Sehingga simpulan dari penelitian pengembangan ini desain media komik efektif digunakan untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Komik, Bahasa Indonesia, Kemampuan Literasi Membaca.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:47
Last Modified: 17 Jan 2024 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61375

Actions (login required)

View Item View Item