PENGEMBANGAN MEDIA NATURE AND JOB CARDS BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR


DIAH MALAKA SYAKILAH, 0103520031 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA NATURE AND JOB CARDS BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter diharapkan dapat membentuk akhlak anak bangsa dan menjadi pondasi utama untuk meningkatkan martabat bangsa. Saat ini, bangsa Indonesia mengalami dekadensi moral yang terlihat dari berbagai aspek kehidupan. Penanaman nilai karakter pada pembelajaran dapat ditanamkan melalui media pembelajaran yang digunakan. Materi kenampakan alam dan buatan serta jenis pekerjaan dapat diintegrasikan dengan nilai karakter yang ada pada sekolah dasar. Beberapa siswa miskonsepsi terhadap kenampakan alam dan buatan yang ada disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman materi kenampakan alam dan buatan serta jenis pekerjaan kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalahh guru dan siswa kelas V SDN 03 Serang, Petarukan, Pemalang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket/kuisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji N-gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media nature and job cards bermuatan karakter yang dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru. Cirikhas dari media adanya penanaman nilai karakter, (2) hasil penilaian dari validator ahli materi dan media sebesar 98,08% dan 96.25% pada kriteria sangat valid, (3) kepraktisan media dinilai berdasarkan angket tanggapan guru dan siswa dengan persentase 92,5% dan 89,69% pada kriteria sangat praktis, (4) keefektifan media nature and job cards bermuatan karakter dinilai dari uji N-gain dengan hasil 0,78 dengan persentase keefektifan 78%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung (16,401) > t tabel (2.036). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media nature and job cards bermuatan karakter efektif dan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman materi kenampakan alam dan buatan serta jenis pekerjaan kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu, N&J Cards, Kenampakan Alam, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:43
Last Modified: 17 Jan 2024 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61374

Actions (login required)

View Item View Item