ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF


AKLIS ROSADI, 0103520050 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan penalaran dalam proses pembelajaran matematika sangatlah dibutuhkan untuk segenap para siswa, karena dengan kemampuan penalaran yang dimiliki akan membantu siswa dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pecahan melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Desain penelitian yang dilakukan adalah mixed method bertipe sequential explanatory design. Dalam penelitian ini, dipilih sampel sebanyak 32 siswa kelas VI SD Negeri Petompon 01 Semarang sebagai sumber data penelitian kuantitatif. Selain itu, sumber data untuk penelitian kualitatif dipilih subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VI A berdasarkan instrumen Group Embedded Figure Test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Analisis hasil tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara mengacu pada tiga komponen berpikir kreatif yaitu fluency (kefasihan), flexibility (fleksibilitas), dan novelty (kebaruan). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu analisis data kuantitatif dan analisisdata kualitatif. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi dari siswa dengangaya kognitif field dependent; (2) siswa dengan gaya kognitif field independent mencapai TBKM 3 (kreatif) dan terlibat aktif terhadap pembelajaran matematika; dan (3) siswa dengan gaya kognitif field dependent mencapai TBKM 2 (kurang kreatif) dan kurang terlibat aktif terhadap pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Based learning, Gaya Kognitif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:36
Last Modified: 17 Jan 2024 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61372

Actions (login required)

View Item View Item