PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK INTERAKTIF BERMUATAN KEARIFAN LOKAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS SISWA KELAS V


Nora Sara Damayanti, 0103521046 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK INTERAKTIF BERMUATAN KEARIFAN LOKAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SDN 1 Bandengan Jepara melalui hasil observasi, wawancara, dan data dokumentasi terungkap bahwa sumber belajar yang digunakan belum bervariasi. Penyajian materi pembelajaran yang bersifat monoton menyebabkan siswa kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, proses pembelajaran IPS hanya berlangsung satu arah dengan guru sebagai pusat belajar yang menyebabkan siswa cenderung pasif selama mengikuti kegiatan pembelajaran dan kurang menggunakan kemampuan berpikirnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain pengembangan, kelayakan, dan keefektifan bahan ajar elektronik flipbook interaktif bermuatan kearifan lokal dengan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi Sugiyono. Seluruh siswa kelas V SDN 1 Bandengan Jepara merupakan populasi dalam penelitian ini yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, angket, dan data dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data awal produk berupa kelayakan, angket tanggapan dan analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji t, dan uji peningkatan menggunakan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan penyajian sebesar 100%, kelayakan isi sebesar 96,87%, kelayakan kebahasaan sebesar 93,75%. Dari perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,050. Dari hasil perolehan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis saat pretest dan posttest memiliki perbedaan signifikan dengan peningkatan rata-rata menggunakan uji n-gain sebesar 0, 454 termasuk kriteria sedang. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahan ajar elektronik flipbook interaktif bermuatan kearifan lokal dengan model problem based learning layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya di kelas V.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Flipbook Interaktif, IPS, Kearifan lokal, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:26
Last Modified: 17 Jan 2024 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61370

Actions (login required)

View Item View Item