ANALISIS STRATEGI DAN EVALUASI MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM STUDI TEKNIK GEOMATIKA SMK DI JAWA TENGAH


Prahesti Johan Anggun M., S.Pd., 0104517013 (2022) ANALISIS STRATEGI DAN EVALUASI MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM STUDI TEKNIK GEOMATIKA SMK DI JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pembelajaran mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) telah sesuai dengan Kurikulum 13 program studi Geomatika pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Jawa Tengah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi dan evaluasi dalam pembelajaran yang dilakukan di SMK N 3 Salatiga dan SMK Kedungwuni Pekalongan. Strategi pembelajaran PKK di SMK N 3 Salatiga dan SMK N 1 Kedungwuni prodi Geomatika telah dilakukan dengan metode yang sesuai dengan kurikulum 13 (K13). Terlihat dari semua perencanaan pada RPP dan silabus yang sudah sesuai dengan mapel tersebut. Strategi yang telah disusun pada tahap pelaksanaan, guru mengupayakan kreativitas siswa melalui 4 aspek. Berdasar tahapan ini guru mengintergrasikan upaya pembinaan tersebut dan memperoleh hasil bahwa guru mampu memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan kreativitas dan mengembangkan jiwa kewirausahaan, walau evaluasi guru belum memperoleh hasil secara maksimal. Selanjutnya, observasi yang dilakukan bahwa guru mapel PKK prodi Geomatika SMK N 3 Salatiga dan SMK N 1 Kedungwuni mampu merancang pembelajaran sesuai dengan acuan standar isi dalam BSNP seperti merumuskan tujuan pembelajaran, memilih bahan ajar, merumuskan kegiatan dan merencanakan penilaian. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian guru PKK dari program studi teknik geomatika. Data dianalisis melalui, kuesioner, pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Manfaat penelitian ini bertujuan agar sekolah dapat menerapkan pembelajaran kewirausahaan atau PKK dengan tepat dan dapat mencetak lulusan yang sesuai dengan tujuan pemerintah tercantum pada standar kelulusan .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Strategi, PKK, Geomatika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:17
Last Modified: 17 Jan 2024 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61369

Actions (login required)

View Item View Item