PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP


Nova Nurlaili Zakyani, 4001418040 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar adalah suatu usaha serta kemampuan yang dimiliki siswa dalam aktivitas belajar dengan berupaya menjadi mandiri dalam mengatur waktu dan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi IPA sistem pernapasan manusia berbasis kontekstual dan mengetahui profil kemandirian belajar siswa SMP setelah menggunakan video animasi IPA sistem pernapasan manusia berbasis kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Data penelitian berupa data validitas video animasi IPA, keterbacaan siswa, dan kemandirian belajar siswa setelah menggunakan video animasi IPA sistem pernapasan manusia berbasis kontekstual. Semua data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas video animasi IPA materi sistem pernapasan manusia berbasis kontekstual memperoleh kriteria sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran IPA untuk melatih kemandirian belajar siswa SMP, dengan penilaian ahli media didapatkan rata-rata sebesar 97,4%, sedangkan pada penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata 93,98%, serta didukung dengan penilaian keterbacaan produk oleh siswa memperoleh 90,41% dengan kriteria sangat baik. Karakteristik video animasi IPA materi sistem pernapasan manusia berbasis kontekstual antara lain video animasi IPA mudah digunakan dan dapat digunakan secara berulang-ulang, ketepatan penggunaan gambar atau animasi dalam video animasi IPA, video animasi IPA mampu melatih siswa untuk belajar mandiri, video animasi IPA materi sistem pernapasan manusia bersifat kontekstual, materi yang disampaikan mudah diingat, video animasi IPA dapat meningkatkan pengetahuan siswa terhadap materi sistem pernapasan manusia, dan bahasa yang disajikan sesuai dengan pemahaman dan tingkat perkembangan siswa SMP. Profil kemandirian belajar siswa setelah menggunakan video animasi IPA meningkat menjadi 73% dengan kriteria mandiri. Simpulan dari penelitian ini yaitu, video animasi IPA sistem pernapasan manusia berbasis kontekstual yang dikembangkan mampu melatih kemandirian belajar siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi IPA; Sistem Pernapasan Manusia; Kontekstual; Kemandirian Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:20
Last Modified: 17 Jan 2024 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61368

Actions (login required)

View Item View Item