KELAS TANPA BATAS KOMUNITAS KARTUNIS (Studi Pengembangan di Gold Pencil)


Abdul Arif, 0104517016 (2022) KELAS TANPA BATAS KOMUNITAS KARTUNIS (Studi Pengembangan di Gold Pencil). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan pembelajaran daring menggambar kartun pada Komunitas Kartunis Gold Pencil ini untuk menjawab persoalan yang dialami selama ini. Gold Pencil memiliki misi kaderisasi namun terhambat oleh sejumlah hal, seperti keterbatasan waktu dan minimnya bahan ajar berbasis kompetensi dalam sejumlah kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran daring yang sesuai kebutuhan Gold Pencil. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 10 langkah yang dikenalkan oleh Sugiyono. Langkah-langkah pengembangan meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba pemakaian, (6) revisi produk, (7) uji coba produk, (8) revisi desain, (9) Revisi produk dan (10) produksi. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah desain pembelajaran daring menggambar kartun berbantuan Google Classroom untuk pemula. Desain pembelajaran daring ini bisa membantu Komunitas Gold Pencil untuk mewujudkan misi kaderisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, menggambar kartun, pembelajaran daring
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:13
Last Modified: 17 Jan 2024 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61367

Actions (login required)

View Item View Item