Math Comic Mobile Learning (MCML) untuk Kelas VII


Ruly Purbo Astuti, 0101745025 (2022) Math Comic Mobile Learning (MCML) untuk Kelas VII. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya pemahaman konsep peserta didik terhadap materi Sistem Persamaan Linear dan belum pernah digunakannya media komik selama pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media komik yang dilaksanakan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari hasil belajar peserta didik, dengan pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Subyek penelitian yaitu, peserta didik kelas VII A SMP Kanisius St. Yoris, Semarang pada tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data, terdiri dari: (1) Lembar wawancara responden (guru), (2) Lembar skala minat dan perhatian belajar peserta didik menggunakan MCML, (3) Melakukan pengamatan langsung pada objek kajian, (4) dokumentasi, (5) hasil belajar. Data hasil pengamatan dan skala minat dan perhatian belajar peserta didik dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan skor total dan presentase yang diperoleh masing-masing peserta didik, kemudian berdasarkan hasil presentase tersebut ditentukan kriteria keefektifan belajar semua peserta didik. Analisis data hasil wawancara dan dokumentasi dilakukan secara deskriptif kualitatif sebagai penguat hasil efektivitas belajar peserta didik. Data hasil belajar peserta didik yaitu hasil tes awal dan tes akhir dianalisis dengan menggunakan skor total masing-masing peserta didik dan presentase yang diperoleh semua peserta didik, kemudian berdasarkan hasil presentase tersebut ditentukan kriteria efektivitas hasil belajar peserta didik. Penerapan pembelajaran PLSV dengan media komik efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sesuai kriteria Keefektivan hasil belajar secara kualitatif menunjukkan efektivitas hasil belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, hasil belajar, komik, PLSV
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:03
Last Modified: 17 Jan 2024 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61364

Actions (login required)

View Item View Item