PENGARUH MODEL REMAP TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN QUIZLET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA


Jihan Ayu Arrana, 4001418008 (2022) PENGARUH MODEL REMAP TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN QUIZLET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dan respon peserta didik terhadap pembelajaran Remap TSTS berbantuan Quizlet terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di SMP N 1 Wonosari pada kelas VIII materi Sistem Pencernaan Manusia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik simple random sampling dimana kelas VIII E sebagai kelas eksprimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode test berupa pretest dan posttest, dan metode angket respon. Analisis data yang digunakan yaitu dengan uji N-gain dan uji T-test. Adanya pengaruh Remap TSTS berbantuan Quizlet terhadap hasil belajar kognitif peserta didik diukur menggunakan uji T-test related dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (posttest) dengan nilai Sig. (2-tailed) yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Remap TSTS berbantuan Quizlet. Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik diukur menggunakan uji N-gain. Pada kelas eksperimen mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan sebesar 0,39 pada kelas kontrol dengan kategori sedang, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil respon tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran Remap TSTS berbantuan Quizlet mendapatkan hasil yang positif yaitu sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulan bahwa pembelajaran Remap TSTS berbantuan Quizlet berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Remap Two Stay Two Stray, Quizlet, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:59
Last Modified: 17 Jan 2024 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61362

Actions (login required)

View Item View Item