KEHADIRAN NEGARA DALAM DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI MELALUI KARTU TANI GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI DI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2018-2021


Ayu Nur Janah, 3312418065 (2022) KEHADIRAN NEGARA DALAM DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI MELALUI KARTU TANI GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI DI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2018-2021. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan kartu tani merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyimpangan yang terjadi dalam penyaluran pupuk bersubsidi. Adanya kartu tani ini diharapkan mampu mewujudkan penyaluran pupuk bersubsidi yag lebih transparan dan tepat sasaran sesuai dengan 6 (enam) Tepat yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani di Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan serta mengetahui manfaat kartu tani dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Kecamatan Tegowanu Kabuapten Grobogan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, dimana peneliti akan membandingkan hasil wawancara dari masing-masing informan penelitian. Data penelitian kemudian dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi pupuk bersubsidi melalui kartu tani di Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan telah berjalan lancar mulai dari gudang pupuk (lini I), disalurkan ke distributor pupuk bersubsidi (lini II), distributor ke Kios Pupuk Lengkap (KPL) (lini III), kemudian KPL ke petani atau kelompok tani (lini IV). Selain itu sudah menerapkan asas 6 (enam) tepat yaitu tepat jumlah, jenis, waktu, tempat, mutu, dan harga. Namun masih saja terdapat kendala atau masalah yang terjadi misalnya masih ada petani yang belum memilki kartu tani, jaringan kurang stabil, serta kartu tani kadang-kadang error. Manfaat kartu tani dalam meningkatkan kesejahteraan petani yaitu untuk menyelamatkan subsidi pupuk agar sampai ke yang punya hak tanpa terjadinya penyelewengan. Selain itu, manfaat kartu tani bagi pemerintah yaitu lebih mudah mendata petani, transparansi dana subsidi, program bantuan tersalurkan dengan baik, meproyeksikan potensi panen, dan peran serta stakeholder lainnya. Saran penulis dalam penelitian ini untuk para petani agar selalu mematuhi aturan yang telah ditetapkan seperti halnya mereka yang belum memiliki kartu tani harus mengumpulkan persyaratan berupa fotokopi KTP dan KK. Selain itu, apabila pupuk bersubsidi sudah tersedia di Kios Pupuk Lengkap (KPL) diharapkan petani dengan tertib dapat menebus pupuk tersebut dalam setiap musim tananya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyaluran Pupuk Bersubsidi, Kartu Tani, Kesejahteraan Petani
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:33
Last Modified: 17 Jan 2024 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61358

Actions (login required)

View Item View Item