EVALUASI KEBIJAKAN PERATURAN WALIKOTA SEMA- RANG NOMOR 20 TAHUN 2010 TENTANG KEBIJAKAN KOTA LAYAK ANAK (Studi Mengenai Dengan Pendekatan Kelurahan Layak Anak di Tiga Kantor Kecamatan Kota Semarang)


Artha Fransisca Winarty Pasaribu, 3312417038 (2022) EVALUASI KEBIJAKAN PERATURAN WALIKOTA SEMA- RANG NOMOR 20 TAHUN 2010 TENTANG KEBIJAKAN KOTA LAYAK ANAK (Studi Mengenai Dengan Pendekatan Kelurahan Layak Anak di Tiga Kantor Kecamatan Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peraturan Walikota Semarang Nomor 20 Tahun 2010 merupakan sistem pembangunan kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam program dan kegiatan pemenuhan hak anak. Secara umum kebijakan Kota Layak Anak bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha sehingga pemenuhan hak-hak anak Indonesia dapat lebih dipasti- kan. Tujuan dari penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui penyebab terjadi kekera- san terhadap anak meskipun sudah terdapat Peraturan Walikota Semarang Nomor 20 Tahun 2010 (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan Pera- turan Walikota Semarang Nomor 20 Tahun 2010. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuali- tatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wa- wancara secara langsung, observasi di lapangan dan dokumentasi. Terdapat dua sumber yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Uji validitas data yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kes- impulan. Hasil dari penelitian yang telah dijabarkan, sesuai dengan kriteria oleh Wil- liam Dunn mengenai evaluasi kebijakan yang meliputi (1) Efektivitas, (2) Efisiensi, (3) Kecukupan, (4) Pemerataan, (5) Responsivitas, (6) Ketetapan. Selain itu ter- dapat juga faktor penghambat setelah dilaksanakannya Peraturan Walikota Sema- rang Nomor 20 Tahun 2010. Saran yang diajukan adalah melakukan sosialisasi-sosialisasi bersama orang tua dengan melalui Ketua RT dan RW, supaya informasi yang akan disampaikan dapat menyeluruh. Melakukan rapat rutin dengan seluruh pelaksana kebijakan dengan topik yang berbeda seperti pencegahan kekerasan terhadap anak, pola asuh anak, pencegahan bullying, dan lainnya. Melakukan penyebaran brosur mengenai pencegahan kekerasan terhadap anak baik offline maupun online. Sebagai masyara- kat hendaknya menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap anak guna mem- bantu pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang layak bagi anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan, Kebijakan Publik, Kota Layak Anak
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:13
Last Modified: 17 Jan 2024 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61355

Actions (login required)

View Item View Item