KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RELIGIOUS BASED COGNITIVE BEHAVIORE THERAPY (RBCBT) TEKNIK USWAH SHIRAH NABAWIYYAH UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN SELF REGULATION SISWA DI MTS NEGERI 1 KUDUS


SITI MACHMUDAH, 0106518003 (2022) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RELIGIOUS BASED COGNITIVE BEHAVIORE THERAPY (RBCBT) TEKNIK USWAH SHIRAH NABAWIYYAH UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN SELF REGULATION SISWA DI MTS NEGERI 1 KUDUS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Self-efficacy yang rendah dapat mempengaruhi kinerja akademik siswa. karena mereka cenderung menghindari tugas yang mereka emban. Self regulation yang rendah memberikan dampak berbagai dimensi permasalahan siswa, seperti siswa kurang mampu menghadapi kegagalan dalam belajar; kurang mampu membuat pilihan yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar; kurang mampu menetapkan dan mencapai tujuan; dan kurang mampu mempertahankan performa belajar optimal dalam kurun waktu lama. Penelitian ini menggunakan desain randomized pretest-posttest control group design dengan melibatkan 18 subjek yang ditempatkan ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, setiap kelompok terdiri 9 siswa masingmasing 10 sesi pertemuan. Kedua kelompok diberikan pra-uji, pasca-uji, hanya kelompok eksperimen yang menerima perlakuan konseling kelompok RBCBT teknik uswah shirah nabawiyyah sedangkan kelompok kontrol berupa konseling konvensional. Desain penelitian tersebut digunakan untuk memperoleh gambaran keefektifan konseling kelompok RBCBT teknik uswah shirah nabawiyyah untuk meningkatkan self efficacy dan self regulation siswa Mts Negeri 1 Kudus. Hasil penelitian dari data pre-test dan post-test dengan menggunakan uji NGain diperoleh hasil pada kelompok eksperimen self efficacy (M=62.76, SD= 7.840). pada kelompok kontrol diperoleh hasil (M=13.03 SD=7.438), sedangkan self regulation pada kelompok eksperimen (M=76.78,SD=11.96) pada kelompok kontrol (M=5.60, SD=11.87). Dengan demikian penggunaan konseling kelompok pendekatan religious based cognitive behaviore therapy (RBCBT) teknik uswah shirah nabawiyah efektif untuk meningkatkan self efficacy dan self regulation siswa di Mts Negeri 1 Kudus. Berdasarkan hasil penelitian ini bisa di dapatkan bahwa teknik tersebut memiliki keefektifan untuk meningkatkan self efficacy dan self regulation siswa. Disarankan bagi konselor sekolah agar dapat menggunakan intervensi ini sebagai solusi alternative dalam melakukan penanganan bagi siswa yang memiliki permasalahan dengan self efficacy dan self regulation rendah. Selain hal tersebut, penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan sesuai dengan temuan yang terbaru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, pendekatan religious based cognitive behaviore therapy, teknik uswah shirah nabawiyyah, self efficacy, self regulation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:01
Last Modified: 17 Jan 2024 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61352

Actions (login required)

View Item View Item