KEEFEKTIFAN KONSELING PERILAKU TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU DISRUPTIF SISWA SMK MUHAMMADIYAH KAJEN PEKALONGAN


Siwi Vilia Intan Sari, 0106518004 (2022) KEEFEKTIFAN KONSELING PERILAKU TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU DISRUPTIF SISWA SMK MUHAMMADIYAH KAJEN PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Masalah remaja yang banyak ditemukan dalam lingkungan sekolah adalah masalah yang berkaitan dengan perilaku siswa. Perilaku disruptif merupakan salah satu perilaku yang masih banyak ditemukan pada siswa jenjang sekolah menengah. Apabila dibiarkan maka perilaku ini dapat mempengaruhi kualitas proses belajar mengajar di sekolah. Sebagai salah satu upaya untuk mengurangi munculnya perilaku disruptif yaitu melalui pemberian layanan konseling. Salah satu teknik dalam konseling pendekatan perilaku dipilih untuk penelitian ini yaitu behavior contract. Teknik ini digunakan sebagai media dalam pemberian bantuan untuk mencapai kesadaran penuh sehingga meningkatkan pengendalian diri. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling perilaku teknik behavior contract untuk mereduksi perilaku disruptif siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa yang ditentukan dengan metode purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dengan satuan ukuran frekuensi. Desain penelitian yang digunakan adalah single subject design (SSD) dengan pola A - B - A. Panjang kondisi dalam penelitian ini berjumlah 15 sesi dengan rincian 4 sesi pertama yaitu baseline (A1), 7 sesi berikutnya adalah intervensi, dan 4 sesi selanjutnya merupakan baseline (A2). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis visual yang mengacu pada grafik yang dihasilkan dari data observasi. Hasil analisis visual dapat disimpulkan bahwa konseling perilaku teknik behavior contract efektif untuk mereduksi perilaku disruptif. Positive reinforcement terbukti memberi kontribusi positif dalam mengubah perilaku maladaptif menjadi adaptif. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan teknik lain untuk dipadukan dengan behavior contract.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Behavior Contract, Perilaku Disruptif, SSD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:53
Last Modified: 17 Jan 2024 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61351

Actions (login required)

View Item View Item