ANALISIS POTENSI DAN DAYA DUKUNG WISATA UNTUK PENGEMBANGAN PARIWISATA GOA KREO DI DESA KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG.


Safa Selomita Ta’Jana, 3211418001 (2022) ANALISIS POTENSI DAN DAYA DUKUNG WISATA UNTUK PENGEMBANGAN PARIWISATA GOA KREO DI DESA KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Goa Kreo merupakan obyek wisata alam yang berada di Dusun Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang dengan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2021 sebanyak 68.556 orang yang berkunjung. Jumlah kunjungan ini dipengaruhi oleh adanya potensi yang dimiliki dan daya dukung wisata. Dalam pengurangan hambatan yang ada perlu adanya arahan pengembangan wisata untuk menjadi lebih baik lagi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang dimiliki wisata Goa Kreo, daya dukung wisata Goa Kreo. Dari kedua hal tersebut akan menghasilkan arahan pengembangan wisata Goa Kreo lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian ini menganalisis potensi dan daya dukung wisata Goa Kreo yang akan menghasilkan arahan pengembangan pariwisata berkelanjutan. Variabel penelitian terdiri dari potensi wisata, daya dukung wisata dan arahan pengembangan wisata. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Insidental dan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis potensi wisata berdasarkan pedoman Analisis Daerah Operasi Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA), sedangkan analisis daya dukung wisata menggunakan metode Cifeuntes untuk mengetahui nilai daya dukung fisik, daya dukung riil dan daya dukung efektif. Arahan pengembangan menggunakan hasil analisis dari potensi dan daya dukung wisata Goa Kreo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wisata Goa Kreo memiliki potensi yang layak untuk dikembangkan menjadi wisata alam dengan faktor pendukung berupa atraksi wisata, aksesibilitas, kondisi lingkungan sosial ekonomi, akomodasi, serta sarana dan prasarana. Berdasarkan analisis daya dukung wisata Goa Kreo termasuk kedalam dua jenis yaitu dapat dikembangkan dan perlunya pengendalian dan penataan wisata. Daya dukung fisik dan daya dukung efektif menunjukkan layak untuk dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan meningkatkan manajemen pengelolaan obyek wisata. Sementara daya dukung riil menunjukkan bahwa perlunya pengendalian dan penataan wisata dengan tujuan untuk menjaga kondisi ekologis dalam mempertahankan sumber daya yang ada pada wisata Goa Kreo. Dari hasil penelitian ini menghasilkan arahan pengembangan wisata Goa Kreo yang akan dapat digunakan sebagai pengambilan kebijakan dalam pengembangan wisata. Dalam pengembangan wisata yang lebih baik perlunya penjagaan kondisi ekologis lingkungan kawasan wisata Goa Kreo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Potensi Wisata, Daya Dukung Wisata, Arahan Pengembangan Wisata.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:55
Last Modified: 17 Jan 2024 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61350

Actions (login required)

View Item View Item