PENGARUH PENGGUNAAN INFOGRAFIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 15 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Ananda Riki Wahyu Utomo, 3101418032 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN INFOGRAFIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 15 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan infografik terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA 15 Semarang. Permasalahan yang ada di penelitian ini adalah 1) Seberapa efektifkah kegunaan media infografik? 2) Seberapa tinggi minat belajar siswa setelah melakukan pembelajaran sejarah dengan media infografik? 3) Adakah pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan media infografik terhadap minat belajar siswa ?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi untuk penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Semarang dimana, kelas X-2 berposisi sebagai kelas kontrol dan X-7 berposisi sebagai kelas eksperimen. Teknik prngmbilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah Infografik (X) dan Minat Belajar Siswa dalam pembelajaran sejarah (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelian ini menunjukan adanya pengaruh antara penggunaan infografik terhadap minat belajar siswa dimana nilai koefisien determinasi yang dilihat dari RSquare adalah 0,614. Hal ini dapat diartikan bahwa sebesar 61,4% variabel media pembelajaran infografik dapat dijelaskan atau memiliki hubungan terhadap variabel tingkat Minat Belajar siswa. Penelitian ini juga menunjukkan tingkat minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 91,02% sendangkan minat belajar siswa kelas kontrol sebesar 71,06%, dimana tingkat minat belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas komtrol. Selain itu perhitungan analisis deskriptif presentase menunjukkan angka 64,4% sehingga dapat dikategorikan tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan Infografik terhadap minat belajar siswa. Infografik terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah, hendaknya media ini digunakan oleh guru sebagai salah satu media alternatif pembelajaran sejarah, sehingga siswa dapat lebih berminat dalam mengikuti pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Infografik, Minat Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:47
Last Modified: 17 Jan 2024 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61348

Actions (login required)

View Item View Item