KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN NARATIF DAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS X DI SMA KARANGTURI SEMARANG


Krisan Andreas Pramuaji, 0106518027 (2022) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN NARATIF DAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS X DI SMA KARANGTURI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterbukaan diri adalah proses menghadirkan diri yang diwujudkan dalam kegiatan membagi perassaan, pemikiran, dan informasi kepada orang lain. Keterbukaan diri dapat membantu siswa dalam melewati tahap demi tahap perkembangan remaja serta memainkan peran integral dalam perkembanagn hubungan yang efektif, kemampuan mengatasi masalah, memperoleh jubungan penuh makna, dan terwujudnya kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efek intervensi konseling kelompok pendekatan naratif dan konseling kelompok pendekatan realita untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. Subyek penelitian berjumlah 12 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok perlakuan, yaitu kelompok konseling kelompok naratif dan kelompok konseling kelompok realita. Penelitian ini menggunakan comparison grup pretest and multiple posttest design. Pengumpulan data menggunakan alat ukur self-disclosure scale dengan total item 60 pernyataan. Hasil uji mixed ANOVA menunjukkan konseling kelompok kelompok naratif terbukti efektif dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa dengan dibuktikan pada skor (F (1,01) = 57, 973, p < 0.05). demikian juga dengan konseling kelompok realita terbukti efektif dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa dengan dibuktikan pada skor (F (1) = 20,392, p < 0.05). Perbandingan antar kelompok perlakuan disajikan dalan data between subject yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan intervensi antar kelompok perlakuan. Dengan demikian dapat dipahami bahwa masingmasing kelompok perlakuan mengarah pada pola yang sama-sama meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok naratif, konseling kelompok realita, keterbukaan diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:43
Last Modified: 17 Jan 2024 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61347

Actions (login required)

View Item View Item