KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI DAN SELFESTEEM PADA SISWA SMP


Riyadah, 0106518030 (2022) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI DAN SELFESTEEM PADA SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Emosi adalah salah satu aspek penting dalam perkembangan manusia. Seseorang tidak hanya memiliki emosi, tetapi juga perlu mengatur emosi, hal ini disebut regulasi emosi. Kemampuan regulasi emosi yang baik tidak hanya mampu mengelola emosi dengan baik tetapi juga akan memilik self-esteem yang baik pula. Intervensi konseling kelompok yang akan dilakukan dengan menggunakan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan regulasi emosi dan self-esteem pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat keefektifan konseling kelompok teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan regulasi emosi dan self-esteem pada siswa SMP Ashabul Kahfi Pontianak. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design dan melibatkan 28 subjek eksperimen yang ditempatkan kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga setiap kelompok terdiri atas empat belas siswa masing-masing 5 sesi pertemuan. Kedua kelompok diberikan pra-uji, pasca uji dan follow up hanya kelompok eksperimen yang menerima perlakuan konseling kelompok teknik cognitive restructuring sedangkan kelompok kontrol berupa konseling konvensional. Desain penelitian tersebut digunakan untuk memperoleh gambaran keefektifan konseling kelompok teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan regulasi emosi dan self-esteem pada siswa SMP Ashabul Kahfi Pontianak. Hasil peneltian menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan regulasi emosi dan self-esteem pada siswa SMP Ashabul Kahfi Pontianak pada kelompok eksperimen, sedangkan pada kelompok kontrol tidak terjadi peningkatan signifikan terhadap regulasi emosi dan self-esteem siswa karena hanya diberikan perlakuan berupa konseling kelompok konvensional. Simpulan dari penelitan ini adalah bahwa layanan konseling kelompok sangat dibutuhkan siswa yang memiliki permasalahan terutama yang mengalami self-talk negatif dan membutuhkan coping thought yang tepat sehigga bisa meningkatkan regulasi emosi dan self-esteem. Disarankan bagi konselor sekolah agar dapat menggunakan intevensi ini sebagai solusi altenatif dalam melakukan penanganan bagi siswa yang memiliki permasalahan dengan regulasi emosi dan self-esteem rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, cognitive restructuring, regulasi emosi, selfesteem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:36
Last Modified: 17 Jan 2024 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61345

Actions (login required)

View Item View Item