ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN SAFETY RIDING, DAN INTENSITAS MOBILITAS PENGENDARA PADA PELAJAR DENGAN TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS


Raska Ayu Qamara, 6411418091 (2022) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN SAFETY RIDING, DAN INTENSITAS MOBILITAS PENGENDARA PADA PELAJAR DENGAN TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah yang didominasi oleh pengendara dengan kisaran usia dibawah 20 tahun dan latar pendidikan setara SLTA wajib menjadi perhatian. Hal ini terjadi akibat tingkat pengalaman dan pemahaman pengendara usia remaja yang dianggap masih sangat minim dalam berkendara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah karakteristik, tingkat pengetahuan safety riding, dan intensitas mobilitas seorang pengendara mempengaruhi tingkat kecelakaan yang dialami. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat analitik yang menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan adalah siswa SMA N 1 Blora yang berada di kelas 11 dan 12, sejumlah 753 orang. Sampel penelitian sebesar, 97 orang, berdasarkan teknik purposive sampling, dan kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan pada usia (p=0,023), tingkat pendidikan (p=0,008), tingkat pemahaman safety riding (p=0,017), dan penggunaan APD (p=0,040) dengan tingkat kecelakaan lalu lintas. Sebagian variabel pada faktor karakteristik dan tingkat pengetahuan safety riding memiliki hubungan dengan tingkat kecelakaan, namun tidak dengan intensitas mobilitas. Saran yang dapat diberikan adalah kepada pemerintah daerah, kepolisian lalu lintas maupun lembaga pendidikan formal untuk mulai memberikan pendidikan terkait safety riding dan melakukan pengawasan lebih ketat terhadap kepatuhan berkendara salah satunya adalah penggunaan APD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengendara Remaja, Pengetahuan Safety Riding, Kecelakaan Lalu Lintas
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:24
Last Modified: 16 Jan 2024 08:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61338

Actions (login required)

View Item View Item