PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MICROSOFT UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR


Fige Arief Kusumo, 0103519047 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MICROSOFT UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 memaksa semua institusi pendidikan untuk bergerak cepat beralih ke pembelajaran jarak jauh dan online. Selain pandemi COVID-19, pertumbuhan teknologi dan internet semakin meningkat dari waktu ke waktu, sehingga kebutuhan di bidang pendidikan juga menuntut penggunaan teknologi dan internet dalam proses pembelajaran media e-learning berbasis digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis Microsoft. Berdasarkan hasil analisis tiga dosen ahli diperoleh rata-rata perhitungan V Aiken sebesar 0,72 yang memiliki kriteria Cukup Valid. Percentage of Agreement sebesar 97% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis enam penilaian guru, rata-rata perhitungan V Aiken adalah 1,28 yang memiliki kriteria sangat valid. Percentage of Agreement sebesar 97% dengan kriteria sangat baik. Hasil rekapitulasi menunjukkan bahwa produk media e-learning berbasis Microsoft ini dapat diterapkan pada pembelajaran kelas V Sekolah Dasar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SD Ihsaniyah 1 Tegal. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dan pengumpulan data dalam bentuk angket yang dibagikan kepada peserta didik. Ada 30 responden untuk pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei untuk mengetahui tingkat literasi digital peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital peserta didik selama menggunakan produk e-learning berbasis Microsoft berada pada kategori sedang dengan rata-rata 75,2%. Jadi, penguatan literasi digital dalam pembelajaran juga diperkuat melalui media pembelajaran digital yang kreatif dan inovatif. Melalui analisis tersebut, peserta didik memiliki potensi untuk mengakses digital karena kemampuan literasi digital berada pada tahap sedang. Hasil rata-rata respon peserta didik aspek ketertarikan dan motivasi belajar sebesar 88% dan hasil rata-rata keterbacaan media pembelajaran e-learning berbasis Microsoft yang memuat aspek petunjuk, Bahasa, format tampilan keseluruhan dan efek media pembelajaran sebesar 89%. Kriteria yang didapatkan berdasarkan rekapitulasi respon peserta didik memiliki kriteria yang sangat kuat. Hasil analisis hambatan guru dalam menerapkan media pembelajaran elearning berbasis Microsoft ini adalah pada aspek penggunaan e-learning pada device/ gadget yang digunakan guru serta akses internet untuk mengakses media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital, Literacy, Microsoft, E-learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:24
Last Modified: 16 Jan 2024 08:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61337

Actions (login required)

View Item View Item