PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK TEMATIK KONTEKSTUAL TEMA 3 UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN, TANGGUNG JAWAB, DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR


Sigit Arvianto, 0103519022 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK TEMATIK KONTEKSTUAL TEMA 3 UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN, TANGGUNG JAWAB, DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan pada penelitian ini adalah pada SD N 2 Mayangan kelas IV Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan diantaranya guru belum pernah menginovasi atau mengembangkan bahan yang berupa elektronik, perlunya bahan ajar pendamping yang menunjang pembelajaran tematik untuk memperdalam materi pembelajaran, materi pembelajaran yang diajarkan belum dikaitkan dengan lingkungan daerah sekitar peserta didik, sikap perilaku peduli terhadap lingkungan belum membudaya di sekolah, sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas sekolah masih kurang, serta nilai hasil belajar peserta didik perlu ditingkatkan agar lebih baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar elektronik tematik kontekstual tema 3 untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan, tanggung jawab, dan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Metode penelitian ini menggunakan PretestPosttest Control Grup Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket sikap peduli lingkungan, lembar observasi sikap peduli lingkungan, lembar angket sikap tanggung jawab, lembar observasi sikap tanggung jawab, tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Analisis kebutuhan guru akan bahan ajar elektronik tematik kontekstual perlu dikembangkan dilihat dari beberapa aspek diantaranya aspek kebutuhan materi, kebutuhan bahan ajar, kebahasaan, dan aspek penyajian sangat diperlukan. 2) Kevalidan bahan ajar elektronik tematik kontekstual yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh ahli materi dengan skor 90,28% dan ahli media dengan skor 90,62%. Tingkat keterbacaan bahan ajar menunjukkan kategori sangat baik (92,69%). Tingkat kepraktisan bahan ajar menunjukkan kategori sangat praktis (guru 88,19% dan peserta didik 86,15%). 3) Karakteristik bahan ajar elektronik tematik kontekstual dapat diakses dimana saja hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop, materi yang disajikan disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami. Terdapat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik selama pembelajaran berlangsung maupun kegiatan yang dilakukan di rumah bersama orang tua. Kegiatan tersebut dapat berkontribusi dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dan tanggung jawab peserta didik. Tersedia latihan-latihan soal yang berguna untuk membantu peserta didik meningkatkan hasil belajarnya. 4) Keefektifan bahan ajar elektronik tematik kontekstual pada sikap peduli lingkungan menunjukkan rata-rata capaian di kelas eksperimen 43.68%, dan kelas kontrol 34,91%. Hasil rata-rata observasi sikap peduli lingkungan pada kelas eksperimen menunjukkan 87,76 dan kelas kontrol 80,21. Pada sikap tanggung jawab menunjukkan rata-rata capaian di kelas eksperimen 31.92% dan pada kelas kontrol 26,80%. Hasil rata-rata observasi sikap tanggung jawab di kelas eksperimen menunjukkan 88,06 dan kelas kontrol menunjukan 80,83. Hasil pretest dan posttest menunjukkan rata-rata capaian 56,08% untuk kelas eksperimen dan 43.41% untuk kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini bahwa bahan ajar elektronik tematik kontekstual dapat diterapkan pada pembelajaran di sekolah dasar, serta dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan, tanggung jawab dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Elektronik, Kontekstual, Peduli Lingkungan, Tanggung Jawab, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:13
Last Modified: 16 Jan 2024 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61335

Actions (login required)

View Item View Item