IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI BACA TULIS SISWA SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF (MUTUAL) KOTA MAGELANG


Hasna Rafida, 0103518124 (2022) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI BACA TULIS SISWA SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF (MUTUAL) KOTA MAGELANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah yang telah berjalan di SD Mutual dalam mengembangkan literasi baca tulis. Deskripsi hasil penelitian berawal dari perencanaan program, pelaksanaan program hingga evaluasi. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, pemilihan sampel berdasarkan kebutuhan penelitian dan menganggap sampel tersebut bersifat representif. Sampel pada penelitian ini adalah SD Mutual. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan Miles dan Huberman. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan, kesimpulan dan verifikasi. Jenis triangulasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian yang di dapat adalah dalam pelaksanaan program literasi berjalan seusai dengan tahapan pelaksanaan yaitu pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Bahkan literasi di SD Mutual sudah mencapai tahap pembelajaran dimana literasi sudah terintegrasi dengan RPP pada setiap perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan literasi tulis, tidak hanya guru yang sudah menciptakan karya tetapi juga siswa sebagai agen utama dalam pelaksanaan program. Evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi sumatif dan formatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Literasi Baca Tulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:03
Last Modified: 16 Jan 2024 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61333

Actions (login required)

View Item View Item