KEEFEKTIFAN MEDIA JARUM PERJUANGAN RI (JAPRI) PADA PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA


HERDIANA ELVANDARI, 0103517180 (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA JARUM PERJUANGAN RI (JAPRI) PADA PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada implementasi model Jigsaw banyak ditemukan kelemahan sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Selain itu, penerapan model Jigsaw perlu dipadukan dengan media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, motivasi, dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keefektifan media Jarum Perjuangan RI (JAPRI) pada pembelajaran model Jigsaw terhadap aktivitas, motivasi, dan prestasi belajar siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan desain quasi experimental yaitu nonequivalent control group. Sampel penelitian ini sebanyak 43 siswa dari 2 sekolah dasar di kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja dan angket. Teknik analisis data adalah uji prasyarat penelitian meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis meliputi uji T, Uji N-Gain, dan Uji StatistikDeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Media Jarum Perjuangan RI (JAPRI) pada pembelajaran model Jigsaw efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa; (2) Media Jarum Perjuangan RI (JAPRI) pada pembelajaran model Jigsaw efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa; dan (3) Media Jarum Perjuangan RI (JAPRI) pada pembelajaran model Jigsaw efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Simpulan penelitian adalah Media Jarum Perjuangan RI (JAPRI) pada pembelajaran model Jigsaw efektif dalam meningkatkan aktivitas, motivasi, dan prestasi belajar siswa. Implementasi Media JAPRIakan lebih efisien jika kebutuhan dan fasilitas belajar terpenuhi secara menyeluruh yang dapat memvisualisasikan pengetahuan siswa secara nyata di dalam kelas sehingga aktivitas, motivasi, dan prestasi belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media JAPRI, Model Jigsaw, Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:40
Last Modified: 16 Jan 2024 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61328

Actions (login required)

View Item View Item