KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT UNDANGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL EKSPOSITORI BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR


Nilawati, 0103519035 (2022) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT UNDANGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL EKSPOSITORI BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menulis surat undangan merupakan surat yang berisi permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Penelitian ini bertujuan (1) menguji keefektifan pembelajaran menulis surat undangan menggunakan model project based learning berdasarkan gaya belajar siswa kelas V sekolah dasar, (2) menguji keefektifan pembelajaran menulis surat undangan menggunakan model ekspositori berdasarkan gaya belajar siswa kelas V sekolah dasar, (3) seberapa tingkat perbedaan keefektifan pembelajaran menulis surat undangan menggunakan model project based learning dan model ekspositori berdasarkan gaya belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Ada tiga variabel pada penelitian ini, yaitu variabel terikat ( menulis surat undangan), variabel bebas (model project based learning dan model ekspositori), dan variabel moderator (gaya belajar siswa). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD tahun ajaran 2021/2022 di Kabuaten Pati. Teknik analisis data menggunakan paired t-test dan uji anova. Hasil penelitian ini adalah 1) pembelajaran menulis surat undangan menggunakan model project based learning efektif digunakan bagi siswa yang bergaya belajar kinestik dengan nilai rata-rata 85,3. 2) pembelajaran menulis surat undangan menggunakan model ekspositori efektif digunakan bagi siswa yang bergaya belajar kinestik dengan nilai rata-rata 88,4. 3) pembelajaran menulis surat undangan pada siswa kelas V Sekolah Dasar lebih efektif menggunakan model ekspositori bergaya belajar kinestik dari pada pembelajaran project based learning bergaya belajar kinestik. Karena nilai rata-rata pembelajaran ekspositori bergaya belajar kinestik lebih tinggi yaitu 88,4 sedangkan pembelajaran project based learning bergaya kinestik nilai rata-ratanya 85,3. Saran dari penelitian ini adalah untuk guru menggunakan model project based learning dan model ekspositori dalam pembelajaran menulis surat undangan. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran menulis surat undangan bisa mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: menulis surat undangan, model project based learning, model ekspositori, gaya belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:31
Last Modified: 16 Jan 2024 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61326

Actions (login required)

View Item View Item