PEMBELAJARAN ILMU KIMIA POKOK BAHASAN KONSEP LARUTAN BERBANTUAN KOMPUTER (BORLAND DELPHI 7.0) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER II DI SMK NU 02 ROWOSARI KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2006/ 2007

Agus Ariyanto , 4301403074 (2007) PEMBELAJARAN ILMU KIMIA POKOK BAHASAN KONSEP LARUTAN BERBANTUAN KOMPUTER (BORLAND DELPHI 7.0) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER II DI SMK NU 02 ROWOSARI KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2006/ 2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN ILMU KIMIA POKOK BAHASAN KONSEP LARUTAN BERBANTUAN KOMPUTER (BORLAND DELPHI 7.0) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER II DI SMK NU 02 ROWOSARI KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2006/ 2007) - Published Version
Download (372Kb)

    Abstract

    Pembelajaran kimia pada siswa SMK memberikan tantangan yang besar bagi guru karena materi kimia sebagian bersifat abstrak merupakan penyederhanaan dari yang sebenarnya, bersifat berurutan dan berkembang cepat. Agar siswa mencapai kompetensi dasar yang diharapkan dan kondisi belajar mengajar yang efektif maka untuk menciptakan kondisi tersebut digunakan media dalam hal ini adalah komputer. Apakah penggunaan pembelajaran ilmu kimia berbantuan komputer pokok bahasan Konsep Larutan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI semester II di SMK NU 02 Rowosari Kab. Kendal tahun pelajaran 2006/2007 ? Peningkatan diukur dari ada tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbantuan komputer dengan yang tidak menggunakan pembelajaran berbantuan komputer pada siswa kelas XI semester II di SMK NU 02 Rowosari Kab. Kendal tahun pelajaran 2006/2007. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI semester II di SMK NU 02 Rowosari Kab. Kendal tahun pelajaran 2006/2007 dengan menggunakan pembelajaran Ilmu kimia pokok bahasan Konsep Larutan berbantuan komputer ( Borland Delphi 7.0 ). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK NU 02 Rowosari Kab. Kendal tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara Cluster Random Sampling, yakni mengambil dua kelas secara acak dari populasi. Melalui cara mengundi didapatkan kelas IIMO1 sebagai kelas eksperimen yaitu yang mendapatkan pembelajaran berbantuan komputer dan kelas IIMO2 sebagai kelas kontrol yaitu yang memperoleh pembelajaran konvensional. Pada kedua kelompok dilaksanakan 3 tahap kegiatan yaitu pre test, pembelajaran, dan post test. Data hasil post test dari kedua kelas itu, dianalisis dengan uji t ternyata didapatkan thitung sebesar 7,981> ttabel (1,68) yang berarti bahwa post test dari eksperimen bermakna, secara numerik hasil kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ilmu kimia pokok bahasan konsep larutan berbantuan komputer (Borlaand Delphi 7.0) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI semester II SMK NU 02 Rowosari Kab. Kendal tahun pelajaran 2006/2007. Saran yang berkaitan dalam penelitian ini yaitu dalam proses belajar mengajar hendaknya guru mata pelajaran kimia memanfaatkan penggunaan pembelajaran berbantuan komputer sebagai media pembelajarannya karena lebih meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kimia berbantuan komputer, hasil belajar.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 24 Oct 2011 21:41
    Last Modified: 25 Apr 2015 02:13

    Actions (login required)

    View Item