PENGEMBANGAN MODUL “SINAU AKSARA JAWA (SADEWA)” UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA SISWA KELAS III SD


Dika Prestama, 0103517092 (2022) PENGEMBANGAN MODUL “SINAU AKSARA JAWA (SADEWA)” UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA SISWA KELAS III SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Merincikan kebutuhan modul Sinau Aksara Jawa (Sadewa) untuk keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa bagi guru dan siswa kelas III SD. (2) Menyusun prototipe modul Sinau Aksara Jawa (Sadewa) untuk keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas III SD. (3) Menjelaskan validasi ahli mengenai modul Sinau Aksara Jawa (Sadewa) untuk keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas III SD. (4) Menjelaskan tingkat keefektifan modul Sinau Aksara Jawa (Sadewa) untuk keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas III SD. Metode yang digunakan research and development (R&D). Subyek penelitan siswa di kelas III SDN Plalangan 03 dan SDN Pakintelan 03. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kebutuhan pengembangan modul keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa menurut guru dan siswa didasarkan pada aspek materi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan. Dilihat dari aspek isi atau materi, maka modul memuat kata pengantar, pedoman penggunaan modul, daftar isi, aktivitas pembelajaran yaitu membaca dan menulis aksara Jawa, latihan, penilaian, rubrik penilaian, daftar pustaka dan profil penulis. Dari aspek bahasa dan keterbacaan, bahasa yang digunakan dalam modul Sadewa ini adalah bahasa baku agar mudah dipahami. (2) Berdasarkan kebutuhan guru dan siswa serta prinsip-prinsip pengembangan modul, prototipe modul dikembangkan dalam wujud buku “Sinau Aksara Jawa (Sadewa) Kagem Siswa Kelas III Sekolah Dasar”. Modul ini terdiri atas bagian awal, isi dan akhir. Bagian awal terdiri atas halaman judul, halaman kata pengantar, halaman petunjuk penggunaan modul dan halaman daftar isi. Bagian isi terdiri atas pengenalan aksara Carakan, crita asal usule aksara Jawa, Sinau maca aksara Jawa, gladhen 1, sinau nulis aksara Jawa, gladhen 2. Bagian akhir terdiri atas daftar pustaka, dan informasi penulis. (3) Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli materi dan media, modul Sadewa termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 94,28 kategori sangat baik. Hasil validator ahli media mendapatkan rata-rata 88,33 dan termasuk dalam kategori sangat baik. (4) Berdasarkan saran dan masukan dari validator ahli materi dan media, modul Sadewa layak diuji cobakan dengan revisi. Beberapa revisi dari ahli materi adalah bagian isi, tentang penjelasan makna hanacaraka, datasawala, padhajayanya, magabathanga yang berkaitan dengan cerita sejarah aksara Jawa. (5) Keefektifan modul Sinau Aksara Jawa (Sadewa) dapat dilihat dari hasil uji paired sample t-test sebanyak 57 siswa pada keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa. Rata-rata pretest keterampilan membaca aksara Jawa sebesar 39.86vi dan rata-rata posttest sebesar 80.12. nilai sig. (2-tailed) mendapatkan skor 0.000 < 0.05. Sedangkan pada keterampilan menulis aksara Jawa, rata-rata pretest sebesar 44.96 dan rata-rata posttest sebesar 87.95. nilai sig. (2-tailed) mendapatkan skor 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil test keterampilan membaca dan menulis yang menunjukkan Ha diterima, hal ini berarti modul sinau aksara jawa (sadewa) efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara jawa kelas III SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Sadewa, Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:10
Last Modified: 16 Jan 2024 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61318

Actions (login required)

View Item View Item