Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Interaktif dalam Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Sekolah Dasar


Agesti Purnaning Putri, 0103517164 (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Interaktif dalam Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konsep pemahaman ilmu pengetahuan di Sekolah Dasar tertuang dalam literasi sains. Literasi sains merupakan salah satu kunci untuk menghadapi berbagai tantangan pada saat ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh PISA diketahui literasi sains peserta didik di sekolah dasar termasuk dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBL berbantuan video interaktif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Quasi experiment design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Lerep 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Lerep 05 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan adalahg uji deskriptif, uji paired, N-gain, uji independent t-test, dan analisis respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran PBL berbantuan video interaktif efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD. Hasil tersebut ditunjukkan dengan hasil posttest literasi sains kelas eksperimen yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 84,22 dan kelas kontrol sebesar 59,62 dan hasil observasi juga menunjukkan bahwa 60% siswa tercatat tampak pada setiap indikator observasi literasi sains pasca pembelajaran. 2) Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap penerapan model pembelajaran PBL berbantuan video interaktif dengan skor rata-rata respon sebesar 87,22%. Selain itu, guru juga merasa sangat terbantu dengan adanya model pembelajaran PBL berbantuan video interaktif sebab video menyajikan fenomena yang berkaitan dengan materi dan kehidupan peserta didik serta materi disajikan dengan lebih nyata melalui video, sehingga guru berperan untuk menegaskan kembali. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran PBL berbantuan video Interaktif efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Video Interaktif, Literasi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:50
Last Modified: 16 Jan 2024 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61315

Actions (login required)

View Item View Item