PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BOLA BERBEBAN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING ATAS PADA ATLET BOLA VOLI PUTRI KLUB ELANG BAHARI KOTA TEGAL


Rizqi Amalia, 6211418024 (2022) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BOLA BERBEBAN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING ATAS PADA ATLET BOLA VOLI PUTRI KLUB ELANG BAHARI KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Passing atas merupakan salah satu elemen penting dalam bola voli, pelaksanaan passing atas yang baik dapat membuat permainan berjalan dengan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1)Pengaruh antara latihan dengan bola setter training terhadap keterampilan passing atas atlet bola voli putri klub Elang Bahari Kota Tegal; 2)Pengaruh antara latihan dengan bola medicine terhadap keterampilan passing atas atlet bola voli putri klub Elang Bahari Kota Tegal; (2)Perbedaan pengaruh antara latihan latihan dengan bola setter training dan bola medicine terhadap keterampilan passing atas atlet bola voli putri Klub Elang Bahari Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bola voli putri Klub Elang Bahari yang berjumlah 14 atlet. Sampel penelitian berjumlah 10 atlet. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pembagian kelompok dalam penelitian ini menggunakan MSOP (Matched Subject Ordinal Pairing). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Brady Volleyball Test. Analisis data digunakan uji t-test antar kelompok (independent t-test), yang terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukan: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara latihan dengan bola setter training terhadap keterampilan passing atas atlet bola voli putri Klub Elang Bahari Kota Tegal, dengan t hitung = 8,353 > t tabel = 1,812, sig 0,001. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara latihan dengan bola medicine terhadap keterampilan passing atas bola voli putri Klub Elang Bahari Kota Tegal, dengan t hitung = 6,520 > t tabel = 1,812, sig 0,003. 3) Tidak ada perbedaan pengaruh antara latihan dengan bola setter training dan bola medicine terhadap keterampilan passing atas atlet bola voli putri Klub Elang Bahari Kota Tegal, dengan t hitung = 0,215 < t tabel = 1,812, sig 0,840. Penelitian ini menghasilkan simpulan : 1) Ada pengaruh antara latihan dengan bola setter training terhadap keterampilan passing atas atlet bola voli putri Klub Elang Bahari Kota Tegal; 2) Ada pengaruh antara latihan dengan bola medicine terhadap keterampilan passing atas bola voli putri Klub Elang Bahari Kota Tegal; 3) Tidak ada perbedaan pengaruh antara latihan dengan bola setter training dan bola medicine terhadap keterampilan passing atas atlet bola voli putri Klub Elang Bahari Kota Tegal. Saran: untuk pelatih semoga penelitian ini dapat dijadikan sebagai perbandingan dalam pembuatan program latihan, dan dapat bermanfaat untuk peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan Setter Training Ball, Latihan Medicine Ball, Passing Atas Bola Vol
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:37
Last Modified: 16 Jan 2024 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61311

Actions (login required)

View Item View Item