HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA ORGANISASI DI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN CIREBON


Firman Fajar Nurudin, 6211417098 (2022) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA ORGANISASI DI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja organisasi merupakan keseluruhan hasil kerja organisasi yang diperoleh melalui pelaksanaan program dan kegiatan dengan menggunakan sumber daya dalam waktu tertentu. Pengukuran kinerja organisasi penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kerberhasilan organisasi tersebut dalam mencapai visi dan misi organisasi. Salah satu faktor penting untuk meningkatkan kinerja organisasi adalah gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pemimpin organiasi. Pemimpin adalah seorang yang memegang kunci untuk hidup dan jalannya organisasi, memastikan organisasi mencapai tujuannya, menjalankan rencana, mengawasi pelaksanaan dan memastikan seluruh angota mencapai target yang telah ditetapkan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dan kinerja organisasi di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang pegawai Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, dengan teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner gaya kepemimpinan dan kinerja organsiasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi sederhana. Hasil penelitian menyatakan bahwa, gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon adalah gaya kepemimpinan humanistik dengan nilai persentase 92,77%. Tidak ada hubungan antara gaya kepemimpinan dengan kinerja organisasi dengan nilai korelasi sebesar 0,072 dan nilai signifikansi sebesar 0,706. Simpulan dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan yang digunakan di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon adalah gaya kepemimpinan humanistik. Tetapi tidak terdapat hubungan yang signifikan anatara gaya kepemimpinan dan kinerja organisasi dengan keeratan hubungan pada kategori rendah. Tidak terdapat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja organisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, kinerja organisasi, manajemen organisasi, organisasi olahraga.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:29
Last Modified: 16 Jan 2024 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61310

Actions (login required)

View Item View Item