PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ECOLITERACY DAN KREATIVITAS SISWA


ANIS SYAFI’ATUN, 0103517169 (2022) PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ECOLITERACY DAN KREATIVITAS SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganaisis apakah terdapat peningkatan kemampuan ecoliteracy, apakah terdapat peningkatan kreativitas siswa. Kemampuan ecoliteracy dan kreativitas siswa akan menjadi topik dari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dari dua SDN di kecamatan Margoyoso. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V dari SD Negeri Tanjungrejo yang berjumlah 20 siswa dan SD Negeri Ngempak berjumlah 20 siswa. Pada penelitian ini kelompok eksperimen, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model Pembelajaran Project based learning menggunakan limbah rumah tangga berupa media barang bekas dan untuk kelompok kontrol pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Group Insvestigation dengan menggunakan media limbah rumah tangga. Instrumen yang digunakan berupa soal tes piihan ganda pada kemampuan ecoiteracy dan soal tes isian pada kreativitas siswa pada tema Panas dan perpindahannya. Pengumpulan data terdiri dari tes unjuk kerja. Teknik analisis data ini menggunakan uji prasyarat penelitian, meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji beda rata-rata dan uji N-gain. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan media limbah rumah tangga berbasis project based learning dapat meningkatkan kemampuan ecoliteracy siswa, (2) Pemanfaatan media limbah rumah tangga berbasis project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa, (3) Terdapat hubungan antara kemampuan ecoliteracy dan kreativitas siswa yang saling mempengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pemanfaatan limbah rumah tangga berbasis Project Based Learning efektif, karena pada tahap penilaian dengan kriteria minimum sebesar 75 didapat rata-rata kemampuan ecoiteracy melebihi kriteria minimum, proporsi ketuntasan klasikal lebih dari 75%, rata-rata kelas dengan pemanfaatan limbah rumah tangga berbasis Project Based Learning lebih baik dari pada kelas sebelum pembelajaran pemanfaatan imbah rumah tangga berbasis Project Based Learning. Dan terdapat peningkatan pada kemampuan ecolitercy dan kreativitas siswa lebih tinggi pada pemanfaatan limbah rumah tangga berbasis Project Based Learning. Dengan demikian diperoleh pembelajaran yang efektif. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat peningkatan kemampuan ecoliteracy siswa setelah menggunakan media limbah rumah tangga berbasis project based learning dan terdapat peningkatan kreativiatas siswa setelah menggunakan media limbah rumah tangga berbasis project based learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Limbah rumah tangga, Project based learning, ecoliteracy, kreativitas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Jan 2024 05:19
Last Modified: 16 Jan 2024 05:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61306

Actions (login required)

View Item View Item