Pengembangan Alat Lempar Cakram (CAKKAR) Menggunakan Media Karet SBR (Styrene Butadiene Rubber) Terhadap Teknik Dasar Lempar Cakram


Muhammad Fikri Arrahman, 6211416088 (2022) Pengembangan Alat Lempar Cakram (CAKKAR) Menggunakan Media Karet SBR (Styrene Butadiene Rubber) Terhadap Teknik Dasar Lempar Cakram. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ketertarikan orang terhadap olahraga lempar cakram dan kurangnya pengetahuan tentang olahraga lempar cakram serta penguasaan teknik dasar melempar yang sulit dikuasai oleh pemula. Hasil pengamatan menunjukan beberapa siswa SMP Negeri 4 Pemalang sulit untuk menggunakan cakram standar dikarenakan beban yang berat dan keterbatasan pelatih atau guru saat proses pelatihan gerakan dasar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan cakram karet (CAKKAR) untuk menarik minat dan membantu pemula dalam meningkatkan latihan teknik dasar melempar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang berorientasi pada produk yang dikembangkan. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 4 Pemalang. Media Karet (Styrene Butadiene Rubber) yang dikembangkan, dilakukan penilaian kelayakan oleh peneliti untuk mendapatkan kelayakan melalui angket kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Produk pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu alat lempar cakram (CAKKAR) menggunakan media karet (styrene butadiene rubber) telah melalui validasi tahap I sebesar (90,7%) dan tahap II sebesar (100%) oleh ahli serta diujicobakan dalam skala besar sangat layak digunakan. Berdasarkan tes uji kompetensi dasar atletik pada materi teknik dasar lempar cakram menunjukan hasil kurang memuaskan. Diketahui dari 29 siswa yang mampu melakukan teknik dasar lempar cakram dengan nilai 75 ke atas hanya 7 siswa atau sebesar (24,14%), sedangkan 22 siswa atau sebesar (75,86%) masih dibawah 75 angka yang ditetapkan oleh sekolah atau artinya siswa tersebut belum tuntas. Pengembangan media cakram karet (CAKKAR) dapat membantu meningkatkan kemampuan teknik dasar lempar cakram pada siswa SMP Negeri 4 Pemalang. Kemampuan teknik dasar lempar cakram pada siswa sesudah tindakan penggunaan alat lempar cakram (CAKKAR) menggunakan media karet (styrene butadiene rubber) yang dikatakan tuntas sebesar 23 siswa atau sebesar 79,31% dan tidak tuntas sebesar 6 siswa atau sebesar 20,67%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Karet, Teknik Dasar, Lempar Cakram.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:37
Last Modified: 16 Jan 2024 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61303

Actions (login required)

View Item View Item