TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IV, V, VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIGAYAM 03 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2021


Ahmad Akmal Farezi, 6102417015 (2022) TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IV, V, VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIGAYAM 03 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini pada awal tahun 2020 Indonesia dilanda sebuah virus Covid-19. Pada bulan maret 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerapkan program Pendidikan secara daring/online. Dengan adanya hal tersebut menjadikan pendidikan di Indonesia tidak efektif untuk terlaksananya tujuan pendidikan. Terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani ini sangat tidak efektif jika dilakukan secara daring/online, karena siswa kurang mendapatkan aktivitas gerak, sehingga mempengaruhi tingkat kebugaran jasmaninya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui “Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV, V, VI di SD Negeri Kaligayam 03 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun 2021” Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan cara pengumpulan data melalui tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, VI SD Negeri Kaligayam 03 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun 2021 dengan jumlah 67. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu dengan jumlah 67 siswa. Hasil penelitian tingkat kebugaran jasmani siswa kelas IV masuk dalam kategori sedang dengan persentase 65.2%, tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V masuk dalam kategori kurang dengan persentase 42.1%, sedangkan tingkat kebugaran jasmani kelas VI masuk dalam kategori sedang dan baik dengan persentase 48.0% Simpulan dari penelitian ini adalah Tingkat Kebugaran Jasmani siswa kelas IV, V, VI SD Negeri Kaligayam 03 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun 2021 rata-rata masuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 50,7%. Tidak diketahui tingkat kebugaran jasmani pada kategori baik sekali, maka disarankan untuk pembinaan terkait tingkat kebugaran jasmani untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas IV, V, VI melalui aktivitas diluar jam pelajaran PJOK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani, Covid-19, Kebugaran Jasmani.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:16
Last Modified: 16 Jan 2024 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61301

Actions (login required)

View Item View Item