PENGARUH PASS AND MOVE TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING DAN CONTROL ATLET SEPAK BOLA U-15 DI AKADEMI R19 KENDAL TAHUN 2022


ADI RISWANTO, 6102417008 (2022) PENGARUH PASS AND MOVE TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING DAN CONTROL ATLET SEPAK BOLA U-15 DI AKADEMI R19 KENDAL TAHUN 2022. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil tes awal teknik dasar dari 20 anak yang mengikuti tes, terbilang masih kurang untuk kemampuan passing maupun control. Untuk kekuatan passing pun masih terbilang masih lemah sehingga pantulan bola cenderung lambat. Sedangkan kemampuan control masih kurang. Dari beberapa kesempatan saa tmengontrol bola, masih sering terjadi lepas control sehingga bola pun tidak dalam penguasaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pass and move training terhadap peningkatan kemampuan passing dan control pada atlet sepak bola U-15 di Akademi R19 Kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasiseluruh atletsepak bola U-15 di Akademi R19 Kendal berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesi suji-t dengan menggunakan program SPSS 23, yakni melalui perbandingan mean antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis uji t pada hipotesis pertama diperoleh nilai t hitung sebesar 19,304 > t tabel 2,093, serta nilai p sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh terhadap kemampuan passing, presentase peningkatan 33%. Analisis uji t pada hipotesis kedua diperoleh nilai t hitung sebesar 9,037 > t tabel 2,093 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh terhadap kemampuan control, presentase peningkatan 28%. Kesimpulan terdapat pengaruh latihan pass and move training terhadap kemampuan passing pada atlet sepak bola U-15 di Akademi R19 Kendal. Terdapat juga pengaruh latihan pass and move training terhadap kemampuan control pada atlet sepak bola U-15 di Akademi R19 Kendal. Sehingga pass and move training disarankan bagi siswa yang memiliki kemampuan passing dan control yang kurang, bisa dikembangkan melalui pelatihan pass and move training.Untuk pelatih, pass and move training seperti suatu metode pelatihan yang berguna menumbuhkan kemampuan passing dan control.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pass and move training,kemampuan passing dan control, atlet U15 Akademi R19 Kendal
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:09
Last Modified: 16 Jan 2024 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61300

Actions (login required)

View Item View Item