Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.
Kukuh Andriawan Sulistio Putra, 2101406505 (2010) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, banyak siswa masih memiliki kemampuan menulis karangan narasi yang rendah. Rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal ini disebakan oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai karangan narasi, sulitnya siswa menemukan ide untuk dituangkan dalam bentuk tulisan, metode yang digunakan oleh guru juga masih bersifat konvensional yaitu metode ceramah, guru kurang kreatif menggunakan media pembelajaran. Kejadian ini merupakan suatu permasalahan yang perlu segera ditemukan pemecahan masalahnya. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pemecahan masalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode picture and picture melalui media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: (1) apakah terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan metode picture and picture melalui media gambar seri pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal; dan (2) apakah terjadi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan metode picture and picture melalui media gambar seri pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan metode picture and picture melalui media gambar seri pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal; dan (2) Untuk mengetahui apakah terjadi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan metode picture and picture melalui media gambar seri pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Subjek penelitian ini adalah menulis karangan narasi yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal khususnya kelas IV. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi dan penggunaan metode picture and picture melalui media gambar seri. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari masing-masing siklus kemudian dibandingkan, yaitu antara hasil siklus I dengan hasil siklus II. Hasil ini akan memberikan gambaran mengenai persentase peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui penerapan metode picture and picture dengan menggunakan media gambar seri, sedangkan teknik nontes yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis karangan narasi pada siklus I dan II. Keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal meningkat setelah menggunakan metode picture and picture melalui media gambar seri. Rata-rata skor pada siklus II menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata skor pada siklus I, yaitu 66,54 menjadi 78,59 pada siklus II atau sebesar 12,05 (18,11%). Peningkatan tersebut cukup signifikan, lebih dari 50% siswa dapat mencapai KKM sebesar 70. Perubahan perilaku yang positif tampak dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan metode picture and picture melalui media gambar seri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan supaya guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan metode picture and picture melalui media gambar seri dalam kegiatan menulis karangan narasi. Saran yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk khasanah ilmu baha
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis karangan narasi, metode picture and picture,media gambar seri |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Mar 2011 10:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/613 |
Actions (login required)
View Item |