STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PJOK UNTUK ANAK TUNAGRAHITA KELAS 8 SLB NEGERI 1 DEMAK
ANDIKA SATRIYA KURNIYA ROHMAN, 6101418138 (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PJOK UNTUK ANAK TUNAGRAHITA KELAS 8 SLB NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui strategi guru penjas dalam mengajar PJOK untuk anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Demak. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini bagaimana strategi guru penjas dalam mengajar PJOK untuk anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Demak. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan guru penjas dalam mengajar PJOK anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Demak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK dan siswa tunagrahita kelas 8 SLB Negeri 1 Demak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengajar anak tunagrahita. Urutan kegiatan pembelajaran, guru memimpin do’a, memberi informasi materi yang akan diberikan, stretching, kegiatan ini, setelah kegiatan inti guru langsung menutup pembelajaran tidak melakukan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam mengajar anak tunagrahita tentunya menggunakan metode penjas adaptif. Dalam hasil pengamatan metode yang digunakan guru menggunakan metode ceramah. Selain metode, model pembelajaran yang diterapkan guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran direct introduction (pembelajaran langsung). Media pembelajaran yang dipakai guru dalam pembelajaran menggunakan media yang disederhanakan, mudah digunakan, dan familier dengan siswa. Guru tidak menyiapkan media khusus tersendiri dalam pengunaan media pembelajaran. Pembelajaraan dilaksanakan satu kali dalam seminggu yaitu pada hari rabu dengan alokasi waktu pembelajaran 2 x 35 menit. Simpulan penelitan sebelum pembelajaran guru menyiapkan peserta didiknya, metode yang digunakan metode ceramah dan model pembelajaran yang digunakan model pembelajaran langsung. Media yang digunakan menggunakan media yang disederhanakan, pembelajran dilaksakan satu kali pertemuan dalam seminggu. Saran penelitian ini adalalah tenaga pendidik dalam mengajar anak berkebutuhan khusus ditambah dan diberikan pelatihan dalam mengajar anak berkebutuhan khusus.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, PJOK, Anak Tunagrahita |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:14 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61292 |
Actions (login required)
View Item |