PENGARUH LATIHAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMP NEGERI 3 TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022


MUHAMMAD AKHSANUL KHILMI, 6101418122 (2022) PENGARUH LATIHAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMP NEGERI 3 TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang permasalahan yakni dengan berjalannya waktu permainan futsal semakin berkembang bahkan saat ini sudah terkenal di kalangan masyarakat khususnya mulai dari anak-anak sampai dewasa. Permasalahan pada penelitian ini adalah belum diketahuinya kemampuan menggiring bola pada siswa Ekstrakurikuler di SMP Negeri 3 Talang belum seluruhnya baik karena ditemukan kemampuan siswa yang berbeda-beda dan akhirnya peneliti menemukan bagaimana cara untuk meningkat pada kemampuan menggiring bola yaitu menggunakan latihan kecepatan dan kelincahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh latihan kecepatan dan kelincahan terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler futsal di SMP N 3 Talang Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen mengenai hubungan sebab akibat. Sampel dalam penelitian ini mengambil 30 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP N 3 Talang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan total sampling. Sedangkan Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian Pre Test And Post Test One Group Desain. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan menggiring bola. Teknik analisis data menggunakan presentase yang dibantu oleh SPSS. Hasil penelitian dapat dilihat dari angka Mean Difference Latihan Kecepatan sebesar ,43300 dan mean pretest sebesar 5,34, hal ini dapat menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 8,10 % untuk latihan kecepatan dibandingkan sebelum diberikan latihan. Apabila dilihat dari angka Mean Difference 1,20667 Latihan Kelincahan sebesar dan mean pretest sebesar 19,03, hal ini dapat menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 6,34 % untuk latihan kelincahan dibandingkan sebelum diberikan latihan. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 15,90800 dan mean pretest sebesar 40,84, hal ini dapat menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 38,95% untuk kemampuan menggiring bola dibandingkan sebelum diberikan latihan. Kesimpulan penelitian ini adalah menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan kecepatan dan kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler futsal di SMP N 3 Talang Kabupaten Tegal. Saran dari peniliti yakni harus tetap semangat dan rajin dalam berlatih futsal agar apa yang diinginkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan Kecepatan, Kelincahan, Menggiring Bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:10
Last Modified: 16 Jan 2024 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61291

Actions (login required)

View Item View Item