PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN OLEH GURU SMA NEGERI SE-KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL


Okka Indah Ariyanto, 6101418101 (2022) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN OLEH GURU SMA NEGERI SE-KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat beberapa masalah dan hambatan yang mempengaruhi hasil belajar siswa selama pelaksanaan daring mata pelajaran PJOK selama masa Pandemi Covid-19. Perubahan proses pelaksanaan pembelajaran yang baru tersebut secara tidak langsung mampu mempengaruhi tingkat pengetahuan, pemahaman dan hasil belajar siswa. Ada beberapa masalah yang dihadapi oleh guru seperti masalah administrasi pembelajaran yang terpisah-pisah maupun dari siswa sendiri yang sudah mulai nyaman dengan pembelajaran online. Selain itu, selama proses evaluasi selalu melakukan penilaian yang objektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya “nilai katrol atau nilai kemanusiaan” dalam penilaiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Data penelitian kemudian dianalisis dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran luring belum berjalan dengan baik. Pada perencanaan pembelajaran ada komponen-komponen yang tidak tercantum pada RPP dan penggunaan media, pada pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan juga tidak sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Proses akhir pembelajaran juga tidak ada. Evaluasi pembelajaran saat pandemi tidak berjalan dengan baik karena guru hanya mengandalkan penilaian afektif dan kognitif, namun untuk psikomotor tidak dapat dilaksanakan. Simpulan, dalam pelaksanaan pembelajaran daring sudah berjalan dengan cukup baik, namun pembelajaran secara luring terutama dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi belum berjalan dengan baik. Saran, diharapkan untuk guru PJOK agar dapat menyusun rencana pembelajaran dengan lebih lengkap, supaya proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Evaluasi, Pembelajaran, Guru
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:03
Last Modified: 16 Jan 2024 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61289

Actions (login required)

View Item View Item