PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PERMAINAN BOLA VOLI UNTUK KELAS XI SMA


Chandra Juniar Aji Saputra, 6101415164 (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PERMAINAN BOLA VOLI UNTUK KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sulitnya pembelajaran secara daring dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran dimasa pandemi. Beberapa aplikasi yang digunakan untuk proses pembelajaran seperti Zoom, jika tidak dibantu dengan media pembelajaran lain kurang memacu siswa untuk berpikir kritis. Siswa cenderung hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Guru kurang leluasa dalam menjelaskan materi per sub bab serta menunjukkan contoh gerakan yang benar. Sehingga sering terjadi misskonsepsi antara guru dan siswa. Multimedia Interaktif berbasis Android merupakan salah satu media yang inovatif dan relevan dengan kondisi pembelajaraan saat ini. Multimedia Interaktif dipilih karena lebih mudah digunakan, irit biaya dan dapat digunakan kapanpun dimanapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, efektivitas dan pengaruh penggunaan multimedia interaktif permainan bola voli terhadap hasil belajar. Desain penelitian yang diterapkan adalah R&D (Research and Development). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 13 Semarang kelas XI tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 13 Semarang. Sampel ditentukan melalui teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas XI IPS 1 sebanyak 30 siswa. Data yang dikumpulkan berupa: (1) hasil belajar (kognitif) preetest-postest dianalisis dengan presentase ketuntasan klasikal dan uji N-gain; (2) uji validasi media oleh ahli (3) uji validasi materi oleh ahli ; (4) tanggapan siswa terkait media; (5) hasil wawancara guru. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) hasil analisis ketuntasan klasikal pada nilai postest 100% siswa mencapai batas KKM (2) hasil uji N-gain pada kelas XI IPS 1 sebanyak 50% siswa masuk kategori tinggi dan 50% siswa masuk kategori sedang (3) hasil uji validasi media oleh ahli memperoleh skor 82,5 (sangat valid). (4) hasil uji validasi materi oleh ahli memperoleh skor 83,75 (sangat valid). (5) hasil penilaian media oleh siswa diperoleh 70% siswa memberikan penilaian sangat tinggi dan 30% siswa memberikan penilaian tinggi. Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif permainan bola voli layak dan efektif digunakan untuk kelas XI SMA. Saran yang diajukan adalah perlu adanya perhatian agar tercipta keseimbangan untuk memanfaatkan media pembelajaran dengan tuntutan pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Permainan Bola Voli.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:39
Last Modified: 16 Jan 2024 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61284

Actions (login required)

View Item View Item