PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISHBONE PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR


Mochamad Nanat Fatulloh, 0103520010 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISHBONE PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kritis dapat dikembangkan dengan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran dirancang untuk memberikan gambaran yang bersifat abstrak, maka fungsi dari media pembelajaran adalah memudahkan penyampaian materi sehingga materi dapat mudah dimengerti oleh siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran fishbone pada tema organ gerak hewan dan manusia dengan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Reasearch and Development (R&D). Uji skala kecil penelitian dilakukan di SDN Asem sejumlah 15 peserta didik kelas V, dan uji skala besar dilakukan di SDN 1 Sidanglaut sejumlah 30 peserta didik kelas V. Nilai kelayakan media mendapatkan rata- rata 85,9 termasuk kategori sangat valid, ahli materi memberikan nilai rata- rata 87,5 termasuk pada kategori sangat valid dan ahli RPP memberikan nilai rata- rata 85,1 termasuk dalam kategori sangat valid. Keefektifan fishbone pada tema organ gerak hewan dan manusia dengan model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dan dapat meningkatkan berpikir kritis siswa sekolah dasar dilihat dari hasil uji skala kecil dan skala besar, nilai sig (2-tailed) uji T 0,000 < 0,05 yang memuaskan, terdapat perbedaan yang signifikan antara pretes dan postes peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran fishbone pada tema organ gerak hewan dan manusia dengan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Fishbone, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:24
Last Modified: 16 Jan 2024 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61281

Actions (login required)

View Item View Item