PENGEMBANGAN MANAJEMEN DIGITAL MARKETING MELALUI WEBSITE DAN SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK MASYARAKAT DI SMK AL-FURQON


HUDI HERMAWAN, 0102519009 (2022) PENGEMBANGAN MANAJEMEN DIGITAL MARKETING MELALUI WEBSITE DAN SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK MASYARAKAT DI SMK AL-FURQON. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi untuk pemasaran pendidikan atau sebagai Digital Marketing menjadi sangat penting mengingat pengguna internet di Indonesia semakin meningkat. Adapun pemasaran pendidikan melalui digital marketing yang dilakukan di SMK Al-Furqon belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan manajemen digital marketing berbasis website dan sosial media. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan modifikasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan oleh Sugiyono yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, pengujian produk , revisi produk, dan produk akhir. Pengembangan manajemen Digital Marketing melalui website dan sosial media di SMK Al-Furqon melalui 8 tahap : (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; dan (8) produk akhir. Tahap validasi dinilai oleh ahli desain dan ahli materi. Ujicoba produk oleh subjek penelitian yaitu admin/staf dan guru. Hasil penelitian yaitu produk akhir berupa manajemen Digital Marketing melalui website dan sosial media yang dapat digunakan secara penuh oleh SMK Al-Furqon. Manajemen Digital Marketing melalui website dan sosial media yang dikembangkan telah dinyatakan valid, praktis, dan efisien sehingga layak untuk digunakan. Kevalidan dari modul manajemen Digital Marketing melalui website dan sosial media berdasarkan validasi oleh ahli desain dan ahli materi. Adapun untuk kepraktisan dan keefisienan dari manajemen Digital Marketing melalui website dan sosial media sekolah ini dapat dilihat dari hasil penilaian ujicoba produk oleh subjek penelitian. Subjek penelitian yang terdiri dari admin/staf dan guru memberikan persentase penilaian dengan katagori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan manajemen Digital Marketing melalui website dan sosial media sekolah layak untuk digunakan oleh SMK Al-furqon Mranggen. Adapun daya tarik masyarakat semakin meningkat pengunjungan di website dan sosial media SMK Al-Furqon Mranggen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan pengembangan, Digital Marketing, website, sosial media
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:31
Last Modified: 15 Jan 2024 08:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61270

Actions (login required)

View Item View Item