PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI KARAKTER BANGSA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER SISWA KELAS IV
Fatatul Arifah, 0103517001 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI KARAKTER BANGSA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran yang berlangsung di sekolah dasar masih berpusat pada guru dan belum mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dapat dilihat dari perangkat pembelajaran yang digunakan guru masih belum menekankan kemampuan berpikir kritis dan karakter. Kegiatan pembelajaran belum menekankan sintaks problem based learning. Selain itu pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh capaian ranah kognitif tanpa pengembangan ranah afektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran Problem Based Learning dengan mengintegrasikan nilai karakter bangsa, (2) menguji validitas pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learning, (3) menguji kepraktisan perangkat pembelajaran serta (4) menguji keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan model Plomp. Penelitian ini dilakukan di SDIT Tahfidzul Qur‘an Ihsanul Fikri 2 Kota Magelang dengan subjek penelitian kelas IV. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran model problem based learning yang valid. Skor rata-rata validasi silabus 3,48; RPP 3,50; bahan ajar 3,42; LKPD 3,33; dan TKBK 3,56. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dalam penelitian ini layak untuk diuji cobakan lebih lanjut. Kepraktisan produk perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berada pada kategori praktis. Keefektifan produk perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan karakter. Hasil belajar tersebut dilihat dari nilai pretest dan posttest. Nilai siswa sebelum dikenai produk yaitu 48,16 sedangkan setelah mendapat pembelajaran dengan produk meningkat menjadi 78,37. Berdasarkan hasil pretest dan posttest dihasilkan uji N-gain sebesar 0,589 dengan kategori sedang. Selain itu nilai karakter siswa juga mengalami peningkatan dengan kriteria membudaya. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran model problem based learning mengintegrasikan nilai karakter bangsa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter. Saran dalam penelitian ini adalah guru dapat mengembangkan dengan metode pembelajaran problem based learning serta metode pembelajaran inovatif lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Nilai Karakter Bangsa, Kemampuan Berpikir Kritis, Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 08:25 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 08:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61269 |
Actions (login required)
View Item |