EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSPERIMEN MENGGUNAKAN MEDIA UNITY 3D DAN POWERPOINT MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS KELAS IV SEKOLAH DASAR


JOHAN ADI NUGROHO, 0103517002 (2022) EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSPERIMEN MENGGUNAKAN MEDIA UNITY 3D DAN POWERPOINT MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains merupakan sebuah kemampuan dalam mempelajari pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi sebuah fenomena-fenomena ilmiah yang terjadi dikehidupan sehari-hari dan ditarik sebuah kesimpulan dari fakta ilmiah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis Unity 3D dan Powerpoint dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa, mengetahui keefektifan media berbasis Unity 3D dibandingkan media Powerpoint, serta mengukur respon positif siswa terhadap penggunaan media berbasis Unity 3D dan Powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD N 01 Bulungcangkring dan SD N 07 Bulungcangkring Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Jumlah sampel keseluruhan sebanyak 40 siswa. Sampel diambil dengan teknik non-probability sampling bentuk purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket, soal tes, pedoman wawancara, dokumen, dan pedoman pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes, kuesioner (angket), wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media berbasis Unity 3D dan Powerpoint berpengaruh terhadap peningkatan literasi sains siswa. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh sig sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap peningkatan literasi sains pada kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) media berbasis Unity 3D lebih efektif dibandingkan media Powerpoint. Pada hasil uji t pada kelas kontrol yang menggunakan media powerpoint diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.039 < 0,05. Sedangkan hasil uji t pada kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis unity 3D diperoleh hasil 0.020 < 0.05; (3) Pada hasil angket diperoleh respon positif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata setiap item pada kelas eksperimen sebesar 84,86% , pada kelas kontrol sebesar 81,25%. Hal ini menunjukkan penggunaan media berbasis Unity 3D dan Powerpoint memberikan respon positif yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Unity 3D, Powerpoint
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:21
Last Modified: 15 Jan 2024 08:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61267

Actions (login required)

View Item View Item