BERKARYA RAGAM HIAS FLORA DENGAN TEKNIK SULAM DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA PASCA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS VII MTs NEGERI 1 BREBES


Annisa Adabina, 2401418053 (2022) BERKARYA RAGAM HIAS FLORA DENGAN TEKNIK SULAM DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA PASCA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS VII MTs NEGERI 1 BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pasca Pandemi Covid-19 MTs Negeri 1 Brebes mempersiapkan pembelajaran tatap muka terbatas, dan membiasakan hidup di era new normal dengan menerapkan perilaku bersih dan sehat. Masalah utama pada pembelajaran seni budaya di MTs Negeri 1 Brebes yaitu kegiatan yang memberikan gambaran mengenai proses pembelajaran siswa dari daring ke luring pada saat pademi covid-19, praktik pembelajaran luring setelah pandemi, dan dampak yang terjadi pada siswa setelah pembelajaran daring. Tujuan penelitian yaitu : menjelaskan bagaimana proses berkarya ragam hias flora kegiatan pembelajaran seni budaya yang dilakukan pasca pandemi covid-19 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Langkah-langkah analisis data penelitian sebagai berikut : (a) pengumpulan data, (b) reduksi data, (c) sajian data, dan (d) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kegiatan berkarya ragam hias flora dengan teknik sulam dalam pembelajaran seni rupa pasca pandemi berjalan dengan baik, dan mampu untuk dilaksanakan secara tatap muka dalam membiasakan hidup di era new normal, akan tetapi terkendala oleh jam pembelajaran yang masih terbatas, hal ini membuat kegiatan berkarya di dalam kelas tidak bisa dilaksanakan secara maksimal. (2) Kesadaran siswa dalam tugas yang dilaksanakan secara berkelompok masih rendah. Saran dari penulis (1) untuk siswa agar memiliki tanggung jawab secara penuh terhadap tugas yang dilakukan secara berkelompok, (2) dan guru agar selalu mengontrol tugas yang telah diberikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ragam Hias, Flora, Sulam
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:20
Last Modified: 15 Jan 2024 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61266

Actions (login required)

View Item View Item