PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR


Laela Apriliastuti Fitriana, 0103517031 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan keefektivan media pembelajaran berbasis android pada muatan pelajaran IPA dalam meningkatkan motivasi, literasi digital, dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini mengadopsi prosedur penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan mengacu pada model 4 D (Define, Design, Development, Desemination). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di kecamatan Mijen Semarang. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Polaman terpilij menjadi kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri Karangmalang terpilih menjadi kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif, uji paired, N-gain, dan uji independent t-test untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan literasi digital siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berbasis android sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran IPA kelas V. (2) Keefektivan media pembelajaran berbasis android dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan skor rata-rata sebesar 84,5% pada kelas eksperimen pasca pembelajaran yang terkategori sangat tinggi, hasil tes kemampuan literasi digital siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 19% yang termasuk ke dalam tingkat efektivitas sedang. Simpulan dari penellitian ini yaitu penerapan media pembelajaran berbasis android efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan literasi belajar siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Motivasi Belajar, Literasi Digital
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:10
Last Modified: 15 Jan 2024 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61263

Actions (login required)

View Item View Item