DETERMINAN KINERJA BHABINKAMTIBMAS DALAM MEMELIHARA KAMTIBMAS DI POLRESTABES SEMARANG DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMITMEN, KEPERCAYAAN DIRI, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA BHABINKAMTIBMAS)


MOHAMAD TOHA, 0101615010 (2022) DETERMINAN KINERJA BHABINKAMTIBMAS DALAM MEMELIHARA KAMTIBMAS DI POLRESTABES SEMARANG DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMITMEN, KEPERCAYAAN DIRI, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA BHABINKAMTIBMAS). Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Disertasi] PDF (Disertasi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Bhayangkara Pembina Masyarakat atau Bhabinkamtibmas dan upaya meningkatnya untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya berbagai kejahatan si setiap wilayah desa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Bhabinkamtibmas Polwiltabes Semarang sejumlah 177 responden dengan sampel penelitian 75 responden. Analisis data dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) , dan hasilnya menunjukkan bahwa Kepemimpinan (X1) nilai t 2.42> 1.96, Komitmen (X2) nilai t 2.25> 1.96 Kepercayaan Diri (X3) nilai t 2.13 > 1.96 , Kepuasan Kerja (Y) nilai t 2.57 > 1.96, nilai keempat variabel berpengaruh secara positif terhadap Kinerja (Z), sedangkan varibel motivasi (X4) nilai t 1.13 < 1.96 tidak berpengaruh positif dan signikan terhadap kinerja.(Z). Hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpin, komitmen, kepercayaan diri dan kepuasan kerja sangat berpengaruh secara positif dan signifan terhadap kinerja Bhabinkamtibmas, sedangkan motivasi pada analisis pengaruh tidak langsung atau melalui kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signikan terhadap kinerja, dengan demikian variabel kepemimpinan, variabel komitmen , variabel keercayaan diri, variabel motivasi dan variabel kepuasan kerja, kesemuanya berpengaruh positif terhadap kinerja. Novelty dalam penelitian ini ditemukannya model peningkatan kinerja Bahabinkatibmas dengan variabel kepemimpinan diri, komitmen dan kepercayaan diri dalam membentuk Bhabinkamtibmas yang selalu siap melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor kepemimpinan, komitmen, kepercayaan diri dan kepuasan kerja mempengaruhi Kinerja Bhabinkamtibmas secara langsuing, sedangkan motivasi berpengaruh secara tidak langsung, yang artinya kelima dapat meningkatkan kinerjanya. Disarankan untuk melaksanakan pendidikan pelatihan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibma bidang kepemimpinan, komitmen dan kepercayaan diri seiring perkembangan masyarakat pada setiap tahunnya

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Komitmen, Kepercayaan Diri, Motivasi, Kepuasan Kerja Dan Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:04
Last Modified: 15 Jan 2024 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61260

Actions (login required)

View Item View Item