DETERMINAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMA MELALUI VARIABEL INTERVENING PERILAKU INOVATIF GURU
ANDI ISTIYAWAN, 0101616004 (2022) DETERMINAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMA MELALUI VARIABEL INTERVENING PERILAKU INOVATIF GURU. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.
![]() |
PDF (Disertasi)
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan pertama dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, efikasi diri guru, komitmen guru, iklim sekolah, dan perilaku inovatif guru terhadap kinerja guru matematika SMA. Tujuan keduanya adalh menganalisis pengaruh tak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, efikasi diri guru, komitmen guru, iklim sekolah terhadap kinerja guru matematika melalui variabel intervening perilaku inovatif guru matematika SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya seluruh guru matematika SMA di Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, tersebar di 97 SMA Negeri dan Swasta sebanyak 363 orang. Teknik probability sampling yang dipilih adalah simple random sampling, dengan sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data, pada tahap awal dilakukan dengan wawancara dan observasi sedangkan pada tahap akhir dilakukan dengan metode angket. Teknik analisis data pada tahap studi pendahuluan dengan analisis interaktif dan pada tahap pengujian dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian diperoleh data deskriptif yang berupa gambaran profil dan tendensi jawaban dari responden, selain itu juga diperoleh model yang dikembangkan berdasar kajian teori dan penelitian terdahulu. Hasil analisis konfirmatori terhadap variabel penelitian, indikator-indikator mampu merefleksikan atau menjelaskan variabelnya. Hasil uji konfirmatori antar konstruk eksogen dan konstruk endogen adalah model fit. Kriteria reliability construct dan variance extracted terpenuhi artinya mencerminkan adanya sebuah unidimensionalitas. Pengujian asumsi SEM, diperoleh hasil evaluasi data berdistribusi normal secara univariate dan secara multivariate mendekati normal, tidak terdapat masalah outliers pada data penelitian, dan tidak terdapat multicollinearity dan singularity. Hasil pengujian kelayakan model (goodness of fit), menunjukkan bahwa model sesuai dengan data atau fit terhadap data yang digunakan. Antar variabel konstruk eksogen menunjukkan tidak berkorelasi. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah semakin tinggi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, efikasi diri guru, komitmen guru, dan perilaku inovatif guru maka semakin tinggi pula kinerja guru, baik pengaruh secara langsung maupun secara tak langsung melalui variabel intervening perilaku inovatif guru. Iklim sekolah menjadi variabel yang tidak memiliki pengaruh langsung dan tak langsung terhadap kinerja guru pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Perilaku Inovatif Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:57 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |