PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN MENTOR BERBASIS SOSIAL RESPONSIBILITY GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENTORING PROGRAM INTERNATIONAL VOLUNTARY SERVICE (IVS)


KETUT PURWANTORO, 0101616005 (2022) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN MENTOR BERBASIS SOSIAL RESPONSIBILITY GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENTORING PROGRAM INTERNATIONAL VOLUNTARY SERVICE (IVS). Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Disertasi] PDF (Disertasi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Manajemen Pelatihan Mentor Berbasis Tanggung Jawab Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Mentoring International Voluntary Service Program (IVS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan manajemen pelatihan mentor berbasis tanggung jawab sosial, dan (3) tahap uji kelayakan model. Subyek dalam penelitian ini adalah 10 orang yang terlibat dalam pelaksanaan International Voluntary Service. Instrumen penelitian meliputi angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian diuji oleh validator ahli sehingga memenuhi kriteria untuk digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model faktual Manajemen Pelatihan Mentor di Dejavato belum memanfaatkan fungsi manajemen pelatihan dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa model manajemen pelatihan berbasis tanggung jawab sosial sesuai untuk mendukung kegiatan pendampingan relawan IVS dan meningkatkan kemampuan mentor baik secara interpersonal maupun interkultural. Hal ini dibuktikan dengan uji validasi ahli atau expert pada saat kegiatan FGD dan hasil uji ahli oleh pengembang dan pengguna model dan dibuktikan dengan hasil angket dari pengembang dan pengguna model, yang meliputi elemen model, kesesuaian isi, konstruksi, bahasa, kepraktisan. dan penulisan organisasi dengan memperoleh skor rata-rata 85,5% sangat valid untuk digunakan dalam kegiatan pendampingan relawan IVS

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: manajemen training, mentor, voluntary service, social responsibility
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:50
Last Modified: 15 Jan 2024 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61257

Actions (login required)

View Item View Item