PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PAUD INKLUSIF BERBASIS RAMAH ANAK
Elizabeth Wahyu Margareth Indira, 0101618016 (2022) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PAUD INKLUSIF BERBASIS RAMAH ANAK. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Disertasi)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia tanpa terkecuali, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan dalam kemampuan (difabel). Pendidikan inklusif berbasis ramah anak adalah suatu bentuk reformasi dan restrukturisasi sekolah secara keseluruhan dengan tujuan untuk memastikan semua siswa mendapatkan akses ke seluruh rentang kesempatan pendidikan dan sosial yang ditawarkan oleh sekolah tanpa adanya diskriminatif dan mampu menciptakan suasana yang ramah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan manajemen PAUD Inklusif Berbasis Ramah Anak yang valid, efektif, dan praktis. Desain penelitian ini digunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan 10 langkah Borg & Gall. Penelitian ini dilakukan di PAUD inklusif seKota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumen, angket dan tes. Data yang diperoleh diuji keabsahan datanya melalui triagulasi data. Teknik analisis data kualitatif menggunakan interactive analysis model sedangkan data kuantitatif menggunakan uji non parametrik. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Model faktual manajemen PAUD inklusif yang dilaksanakan di Kota Semarang untuk aspek perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan, pengawasan masuk dalam kategori kurang baik; (2) Kontruksi desain model manajemen PAUD Inklusif berbasis ramah anak; (3) Model manajemen PAUD inklusif berbasis ramah anak yang valid untuk digunakan; (4) Model manajemen PAUD inklusif berbasis ramah anak yang layak dan praktis. Simpulan, dihasilkan suatu model manajemen PAUD inklusif berbasis ramah anak yang valid, efektif, dan praktis. Sebagai acuan dalam penyelenggaraan PAUD inklusif yang berbasis ramah anak, serta acuan bagi guru-guru dalam penyelenggaraan pembelajaran dan penanganan ABK inklusif. Rekomendasi perlunya keterlibatan berbagai pihak dalam penyelenggaraan pendidikan PAUD inklusif agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAUD inklusif, ramah anak, model manajemen, Borg and Gall. |
Subjects: | L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:31 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61253 |
Actions (login required)
View Item |