HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KARIES GIGI DENGAN PERILAKU IBU DALAM PENCEGAHAN KARIES GIGI PADA ANAK (Penelitian di Lembaga PAUD Desa Sojomerto)


Linda Pujianti, 1601417003 (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KARIES GIGI DENGAN PERILAKU IBU DALAM PENCEGAHAN KARIES GIGI PADA ANAK (Penelitian di Lembaga PAUD Desa Sojomerto). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang karies gigi dengan perilaku ibu dalam pencegahan karies gigi pada anak (penelitian di Lembaga PAUD Desa Sojomerto). Metode penelitian ini ialah kuantitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan ialah cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dengan menggunakan teknik simple random sampling . Responden yang terlibat sejumlah 61 ibu yang memiliki anak yang bersekolah di lembaga PAUD desa Sojomerto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa Rank Spearman unuk mengetahui hubungan dari kedua variabel. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata variabel bebas sebesar 22,36 yang termasuk ke dalam kategori pengetahuan sedang. Sedangkan nilai rata-rata variabel terikatnya memiliki skor sebesar 108 yang berada pada kategori cukup baik untuk peirlaku ibu dalam pencegahan karies gigi pada anak. Berdasarkan uji analisis data bahwa adanya hubungan yang signifikaan antara pengetahuan ibu tentang karies gigi dengan perilaku ibu dalam pencegahan karies gigi pada anak (penelitian di Lembaga PAUD Desa Sojomerto). Dengan hasil uji Rank Spearman menunjukkan bahwa nilai P Value sebesar 0,000. Hal tersebut berarti bahwa P Value < 0,005 (0,000 < 0,005) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Di mana Ha berbunyi “Ada hubungan antar pengetahuan ibu tentang karies gigi dengan perilaku ibu dalam pencegahan karies gigi pada anak (penelitian di lembagan PAUD Desa Sojomerto)”. Dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,565 yang berate memiliki hubungan yang sedang, dan juga memiliki arah hubungan yang positif di mana rhitung > rtabel. Saran, perlunya kesadaran ibu tentang berbagai informasi terkait kesehatan gigi anak khususnya masalah karies gigi sehingga informasi tersebut dapat diimplementasikan secara langsung kepada anak. Perlu adanya kerjasama yang lebih baik lagi antara orangtua, guru, serta petugas kesehatan berkaitan dengan anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Ibu, Karies Gigi, Perilaku Ibu Pencegahan Karies Gigi Anak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:24
Last Modified: 15 Jan 2024 07:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61251

Actions (login required)

View Item View Item