DETERMINASI KINERJA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN BREBES (Pengaruh Komitmen Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Sekolah Dasar Negeri melalui Kepemimpinan Sumber Daya Kognitif-Berorientasi Tugas)


Kamaludin, 0101619016 (2022) DETERMINASI KINERJA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN BREBES (Pengaruh Komitmen Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Sekolah Dasar Negeri melalui Kepemimpinan Sumber Daya Kognitif-Berorientasi Tugas). Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Disertasi] PDF (Disertasi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Akreditasi merupakan tolok ukur kinerja sekolah yang secara valid dapat mengukur sejauh mana ketercapaian kinerja Sekolah Dasar Negeri dibandingkan dengan seperangkat Standar Nasional Pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih terdapatnya sekolah yang memperoleh akreditasi C serta tidak meratanya hasil akreditasi yang diperoleh Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Brebes. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menguji determinasi kinerja Sekolah Dasar Negeri dengan menguji tiga faktor prediktor kinerja Sekolah Dasar Negeri, yaitu komitmen kepala sekolah, budaya organisasi, dan kepemimpinan sumber daya kognitif-berorientasi tugas kepala sekolah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey dan explanatory. Sedangkan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model persamaan struktural (Structural Equation Modeling) dengan alat analisis menggunakan Analysis of Moment Structures (AMOS). Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Brebes dengan populasi seluruh kepala Sekolah Dasar Negeri yang terdapat di 17 Kecamatan sedangkan sampel dalam penelitian ini sejumlah 233 kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen kepala sekolah berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepemimpinan sumber daya kognitif-berorientasi tugas kepala sekolah sebesar 66,1 %. Budaya organisasi tidak berpengaruh langsung terhadap kepemimpinan sumber daya kognitif-berorientasi tugas kepala sekolah sebesar -6,5 %. Budaya organisasi berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja Sekolah Dasar Negeri sebesar 39,3 %. Kepemimpinan sumber daya kognitif-berorientasi tugas kepala sekolah berpengaruh langsung namun tidak signifikan terhadap kinerja Sekolah Dasar Negeri yaitu sebesar 14,8 %. Komitmen kepala sekolah berpengaruh tidak langsung namun tidak signifikan terhadap kinerja Sekolah Dasar Negeri melalui kepemimpinan sumber daya kognitif-berorientasi tugas kepala sekolah sebesar 9,8 %. Rekomendasi dalam penelitian ini yaitu upaya peningkatan kinerja sekolah di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Brebes yang harus dilakukan pertama kali adalah menciptakan budaya organisasi yang bermutu di sekolah. Budaya organisasi yang bermutu harus diciptakan oleh seluruh warga sekolah yang didukung adanya komitmen kepala sekolah melalui kepemimpinan sumber daya kognitif-berorientasi tugas kepala sekolah sehingga visi, misi, kegiatan/program sekolah, dan tujuan sekolah dapat tercapai dengan efektif, efisien, dan optimal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Kepala sekolah, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Sumber Daya Kognitif-Berorientasi Tugas Kepala Sekolah, Kinerja Sekolah.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:25
Last Modified: 15 Jan 2024 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61250

Actions (login required)

View Item View Item