EVALUASI PROGRAM MADRASAH UNGGULAN MA PLUS KETERAMPILAN PADA MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO KABUPATEN JEPARA DENGAN MODEL CIPPO


Muhammad Ulin Nuha, 0102517004 (2022) EVALUASI PROGRAM MADRASAH UNGGULAN MA PLUS KETERAMPILAN PADA MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO KABUPATEN JEPARA DENGAN MODEL CIPPO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah unggulan adalah madrasah yang mempunyai program unggulan yang lahir dari sebuah keinginan untuk memiliki madrasah yang mampu berprestasi di tingkat nasional dan dunia dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ditunjang oleh akhlakul karimah. Madrasah Keterampilan adalah prototipe Madrasah Aliyah yang diselenggarakan oleh pemerintah atau masyarakat yang mengembangkan keunggulan kompetitif di bidang keterampilan atau kejuruan atau kecakapan hidup. Suatu program apapun bentuknya baik itu program pendidikan, program pelayanan dan lain-lain perlu adanya evaluasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi pada madrasah plus keterampilan di Madrasah Aliyah Mathalibul Huda Mlonggo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif-dekriptif. Dalam penelitian ini model evaluasi yang di gunakan adalah model Evaluasi CIPPO (context, input, process, product, outcome). Sampel penelitian ini berjumlah 124 yang terdiri dari: Kepala sekolah, waka, Pembina program, guru dan siswa pada MA Plus Keterampilan Mathalibul Huda Mlonggo. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Instrumen penelitian menggunakan angket sebagai data primer serta wawancara dan dokumentasi sebagai data sekunder. Analisis data menggunakan Statistik deskriptif, Rentang interval, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi context hasil memperoleh hasil yang cukup baik karena sudah sesuai regulasi yang ada. Evaluasi Input diperoleh hasil cukup baik dengan beberapa indikator sarana dan prasarana, sumberdaya manusia sampai perencanaan program. Evaluasi Proses diperoleh hasil cukup baik, berjalannya program sesuai dengan kurikulum dan juga rencana program. Evaluasi Produk mendpat hasil yang kurang baik karena produk yang dihasilkan masih kurang maksimal. Evaluasi Outcome atau kebermanfaatan program memperoleh hasil yang kurang baik karena kurangnya daya serap yang sesuai jurusan menjadi kendala utama. Kesimpulan MA Plus Keterampilan Mathalibul Huda Mlonggo sudah Baik, namun masih harus ada perbaikan di beberapa aspek. Kemudian tingkat keterserapan lulusan 25% bekerja disektor Dunia Usaha (DU) dan Dunia Industri (DI). Kebanyakan memilih bekerja di Pabrik, CV furniture, bengkel dsb. Kemudian sekitar 25% melanjutkan pendidikan ke jenjang D1 sampai S1 di berbagai kampus negeri ataupun swasta. Kemudian 15% lainnya sudah Menikah dan sebagian wiraswasta atau freelancer. Sedangkan 35% lainnya tidak terlacak atau kemungkinan belum memiliki pekerjaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evalusi CIPPO, MA Plus Keterampilan, Madrasah Unggulan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:15
Last Modified: 15 Jan 2024 07:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61248

Actions (login required)

View Item View Item